Dinilai Asal Kerja, Lantai Masjid Al-Alam Harus Dibongkar? – KOLAKA POS

KOLAKA POS

BERITA UTAMA

Dinilai Asal Kerja, Lantai Masjid Al-Alam Harus Dibongkar?

Lantai Cor Beton Masjid Al-Alam yang dinilai asal kerja.FOTO : Asbar/KoP

KOLAKA POS, KENDARI – Pengecoran perdana Mesjid Al-alam terpaksa harus terhenti, lantaran Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), yang melakukan kunjungan kerja di areal pembangunan menilai dalam pengecoran tersebut ada kesalahan kerja yang dapat berakibat fatal.
Menurut Ketua Rombongan Hari Tasrudin, ada dua kesalahan tehnis yang dilakukan oleh pihak kontraktor, yakni cara kerja pengecoran dan bahan campuran pengecoran yang masih belum terlalu baik.
“Pertama cara kerjanya, seharusnya yang dia cor itu tulangnya dulu jangan bersamaan tulang tiang dengan rabat cor lantainya, dan dalam pengecoran tersebut ada selang waktu yang agak lama, sehingga nanti sudah mau kering baru muncul campuran lagi, seharusnya tidak bisa begitu makanya namanya cor itu mahal, karena harus serentak tidak stop-stop. Yang kedua campuran semennya itu terlalu kental, seharusnya dikasih agak cair supaya benar-benar meresap ke dalam rangka besinya tidak ada pori celah,” cetusnya.
Menurutnya, hal semacam itu dapat berakibat fatal, baik dari kualitas bangunan maupun bagi pengguna bangunan nantinya. “Kalu beton itu satu tidak beres maka yang lain akan mengikut semua, ini di atas air jangan sampai karena tidak beres cara kerjanya, begitu orang lagi disini tiba-tiba roboh, makan korban lagi,” tuturnya.
Olehnya itu, pihaknya sebagai pengawas eksternal pembangunan Masjid Al-alam meminta agar pengerjaan pengecoran lantai itu diberhentikan dan dimulai ulang, dan juga akan memanggil pihak kontraktor guna meminta pertanggungjawabannya.
“Rencana hari Rabu ini kita akan panggil pihak kontraktornya untuk membicarakan hal tersebut, dan semoga biar hanya kali ini saja terjadi kesalahan seperti ini, kedepan jangan ada lagi,” pungkasnya. (k1/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top