Arsalim: Sandi Daerah Sangat Penting Dalam Pemerintahan – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Jazirah Sultra

Arsalim: Sandi Daerah Sangat Penting Dalam Pemerintahan

Wabup Konsel Arsalim saat membuka kegiatan sandi daerah.FOTO : Syapruddin/Kolaka Pos

KOLAKA POS, ANDOOLO – Wakil bupati Konawe Selatan (Konsel) Arsalim mengungkapkan, masalah persandian merupakan hal yang sangat penting dalam pemerintahan dan ketatanegaraan di Indonesia khususnya Konsel.
Mengulas sedikit tentang sejarah kemerdekaan Republik Indonesia (RI) lanjutnya, tidak lepas dari peran sandi. Pasalnya, dalam hal informasi itu sangat penting bagi pemerintah dan masyarakat.
“Apalagi dijaman sekarang era teknologi canggih, bagian sandi ini sangat penting dalam pemerintahan. Terutama dalam follow up informasi yang masuk, baik dari dalam maupun dari luar,” jelasnya saat membuka kegiatan persandian.
Pemda Konsel lanjut dia, memang sejak dulu sudah menjadikan sandi sebagai salah satu poin penting dalam menjalankan roda pemerintahan, sehingga kantor sandi daerah dibentuk.
“Diera digitalisasi saat ini, kita harapkan sandi bisa memberikan peran yang sangat luar biasa, misalnya kita berbicara tentang KTP elektronik, seharusnya cipnya itu harus ada kerahasiaan, karena kalau itu tidak ada maka pasti akan mudah bobol. Disini lah peran sandi untuk mengamankan hal tersebut,” paparnya.
Lebih lanjut dikatannya, kedepan Konsel mempunyai program Smart City, dan tahun depan sudah akan dimulai disini juga pihaknya mengharapkan ada kerjasama dengan sandi daerah, karena didalamnya ada kode rahasia yang orang lain tidak bisa tahu.
“Dengan kerjasama yang baik kita bersama-sama membangun Smart City di Konsel,” harapnya.
Arsalim menambahkan, dengan adanya pelatihan tersebut diharapkan bisa memberikan manfaat yang luar bisa dalam mengelola dan mengamankan informasi baik dari luar maupun dari dalam.
“Dalam menjaga kerahasiaan, sandi daerah sangat berperan penting karena kalau kerahasiaan pemerintahan kita tidak terjaga dengan baik, tentu semua program pemerintahan tidak akan sukses,” tutupnya. (k5)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top