Koltim Dapat Bantuan Sapi Asal Australia – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Kolaka Timur

Koltim Dapat Bantuan Sapi Asal Australia

Net/Ilustrasi

KOLAKA POS, TIRAWUTA  – Pemerintah Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) tahun ini kembali mendapatkan bantuan dari Pemerintah pusat. Bantuan yang diberikan berupa sapi jenis Brahman Cros yang berasal dari negara Australia. Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Koltim, Salwin kepada wartawan Kolaka Pos saat ditemui di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah akhir pekan kemarin.

Ia mengatakan, untuk jumlah pasti bantuan yang didapatkan belum diketahui, namun pihaknya sudah mendapat informasi dari pihak Provinsi, kalau tahun Koltim akan mendapat jatah bantuan sapi. “Yang pastinya, saya sudah dapat informasi,” jelasnya.

Ia mengatakan, sebenarnya tahun ini pihaknya mengirimkan 15 kelompok tani kepada pemerintah Provinsi untuk bantuan bibit sapi. Namun tidak semuanya akan mendapatkannya. “Hanya satu kelompok yang dapat dari 15 kelompok tersebut. Sebab, yang dapat bantuan tersebut bukan hanya di peruntukan untuk Koltim, namun beberapa daerah lainnya juga di Sultra,” jelasnya.

Untuk itu katanya, bibit sapi sapi jenis brahman cross asal australia tersebut, rencananya akan tiba di Sultra Oktober 2016 mendatang. Sebab, saat ini sementara dalam proses tender di Kemenetrian dan rencananya akan disebar ke seluruh Indonesia salah satunya Sultra. “Semua betina tidak ada jantan. Karena telah diprioritaskan untuk menghadapi swasembada daging,” bebernya.

Berdasarkan informasi yang di himpun, dari beberapa daerah yang ada di Sultra, hanya sembilan daerah penerima bantuan sapi tersebut yakni, Bombana, Konawe Selatan, Konawe, Muna Barat, Muna, Buton, Kolaka, Kolaka Utara dan Kolaka Tmur. (ing)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top