Insentif Aparat Desa dan Kelurahan Dikritisi Anggota Dewan – KOLAKA POS

KOLAKA POS

SAFARI DESA

Insentif Aparat Desa dan Kelurahan Dikritisi Anggota Dewan

KOLAKA POS, KOLAKA – Besar jumlah insentif antara aparat desa seperti Kepala Dusun dan Aparat Kelurahan dalam hal ini Kepala Lingkungan yang terlampau jauh selisihnya mendapat kritikan dari pihak DPRD Kolaka. DPRD menilai jika dilihat dari proporsional kerja antara Kepala Dusun dan Kepala Lingkungan yang tak jauh berbeda, maka seharusnya insentif mereka juga tidak terlampau jauh perbedaannya.
Anggota Komisi I DPRD Kolaka, Musdalim Zakkir kepada Kolaka Pos mengatakan bahwa berdasarkan hasil reses yang dilakukan pihak DPRD Kolaka di sejumlah kelurahan dan desa diperoleh masukan dari para Kepala Lingkungan di setiap Kelurahan yang mempertanyakan perbedaan besar jumlah insentif mereka. Kepala lingkungan kata Musdalim, saat ini hanya menerima insentif mereka perbulan sebesar Rp500 ribu, sementara untuk kepala dusun memperoleh insentif dari pemerintah desa melalui dana ADD sebesar Rp5.5 juta per triwulan atau sebesar Rp1,8 juta perbulan.
“Saya menilai perbedaan yang cukup jauh dari jumlah intensif antara kepala lingkungan dan kepala dusun itu seharusnya perlu dipertimbangkan, sebab bagaimanapun kedua jabatan ini merupakan pemimpin ditingkat akar rumput, artinya porsi kerja mereka tidaklah terlalu jauh, sebab mereka berdua memiliki basis kerja ditingkat pemerintahan paling bawah. Jadi seharusnya insentif mereka juga haruslah disamakan, atau minimal perbedaannya tidaklah terlalu jauh,” kata Musdalim.
Politikus PKPI ini berharap kedepan Pemerintah Daerah Kabupaten Kolaka, bisa memberikan perhatian yang lebih baik terkait jumlah insentif kepala lingkungan, agar mereka dapat menjalankan tanggungjawabnya di tingkat pemerintahan paling bawah.
“Kami berharap kedepan Pemerintah bisa memikirkan peningkatan insentif mereka (kepala lingkungan) agar bisa disejajarkan dengan insentif kepala dusun di tingkat desa. (cr3/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top