IBI Baubau Gelar Seminar MKJP – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Jazirah Sultra

IBI Baubau Gelar Seminar MKJP

Ketua IBI Baubau Siti Naisyah saat memberikan sambutan dalam kegiatan Seminar Sehari MKJP di aula Pemkot Baubau.FOTO : Harun/Kolaka Pos

KOLAKA POS, BAUBAU – Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau bersama dengan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Baubau tidak henti-hentinya berupaya menekan angka kematian ibu dan bayi. Salah satu upaya yang dilakukan, dengan menggelar Seminar Sehari Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) yang dilaksanakan di aula Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau kemarin (8/8). Kegiatan yang bertema Meningkatkan Kualias Pelayanan KB dalam Menurunkan Angka Kematian Ibu dan Bayi dibuka langsung Walikota Baubau AS Tamrin berlangsung dengan lancar.
Ketua IBI Baubau, Siti Naisyah mengungkapkan, kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan bidan di Baubau. Sebab, menjadi seorang bidan harus memiliki pengetahuan luas terkait bidang yang ditekuninya berdasarkan aturan yang ada.
Disamping itu juga, lanjut Siti Naisyah, kegiatan ini merupakan agenda tahunan IBI. “Memang di dalam Anggaran Dasar Rumah Tangga (AD/RT) ini tiap tahun melaksanakan seminar. Kita memiliki program pelatihan-pelatihan. Itu semua ada didalam ADRT, tidak ada hubungannya dengan apapun. Hanya semata-mata untuk meningkatkan pengetahuan dan kualitas para bidan,” ujarnya.
Ia berharap dengan menggelar kegiatan ini, persepsi bidan di Baubau bisa sama dalam meningkatkan kualitas pelayanan, sehingga dapat menurunkan jumlah kematian ibu dan bayi. “Saya berharap para bidan memiliki persepsi yang sama dalam peningkatan kualitas pelayanan dan juga bisa menurunkan jumlah angka kematian ibu dan bayi di Baubau, sesuai dengan sesuai dengan tema hari ini,” ungkapnya.
Sementara itu, Walikota Baubau, AS Tamrin memberikan apresiasi kepada IBI karena telah melaksanakan kegiatan ini. Sebab, kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas para bidan. Selain itu juga, kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk menurunkan angka kematian ibu dan bayi.
“Saya menghimbau kepada seluruh bidan agar peran dan tugas pokoknya diperhatikan dalam memberikan pelayanan kepada warga. Terutama berikanlah pemahaman yang benar,” ujarnya.
Ia juga meminta agar setiap bidan juga selalu meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan kualitas pelayanan sesuai dengan standar kesehatan, sehingga angka kematian dapat diturunkan.
Untuk itu, lanjut AS Tamrin meminta para bidan dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik. Sebab, apabila tidak diikuti dengan baik akan mengalami kerugian, karena ini dari kegiatan adalah untuk menambah pengetahuan. “Jadi saya mengharapkan, semoga para bidan bisa meningkatkan kualitasnya,” tandasnya. (hrn)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top