EnamTewas, Kapal KM. Lintas Samudera Terbakar – KOLAKA POS

KOLAKA POS

BERITA UTAMA

EnamTewas, Kapal KM. Lintas Samudera Terbakar

Korban Meninggal Didominasi Wanita

 

KOLAKA POS, RAHA – Kabar duka menyelimuti kabupaten Muna. Sebab, Kapal Motor (KM) Lintas Samudera terbakar di perairan selat Buton pada Minggu (7/8) sekitar pukul 12.30 wita. Akibatnya, enam orang penumpang tewas tenggelam dan tiga unit sepeda motor ikut terbakar dan tenggelam.
Kapolres Muna AKBP Yudith S Hananta melalui siaran persnya mengatakan, KM. Lintas Samudera jenis kapal fiber angkutan penyebrangan Raha-Maligano yang dikemudikan oleh La Naona, terbakar sesaat melakukan pelayaran dari pelabuhan Laino kota Raha, menuju kecamatan Maligano (kabupaten Muna bagian Timur). Dugaan sementara sumber api berasal dari mesin kapal tersebut.
“Sekitar jam 12.30 Wita, kapal berangkat dari pelabuhan Laino menuju kecamatan Maligano, dengan mengangkut penumpang sekitar 20 orang, 3 unit motor dan bensin 100 jergen 20 liter. Baru sekitar 5 menit kapal berjalan dengan menggunakan 1 mesin, Jamil salah seorang ABK menyalakan mesin ke 2 dan 3, pada saat menyalakan mesin ke 4 muncul percikan api yang menyambar selang bensin bahan bakar mesin yang membuat api membesar. Kemudian La Naona (nakhoda, red) bersama ABK dan penumpang berusaha memadamkan api, namun api terus membesar dan membakar kapal sehingga seluruh penumpang kapal melompat ke laut, termasuk motoris dan ABK,” paparnya.
Menurutnya, dalam musibah naas yang menimbulkan korban tewas tersebut, KM. Lintas Samudra saat itu sudah menyiapkan pelampung sabanyak 30. Namun, kondisi penumpang kapal saat itu panik, maka banyak diantara mereka tidak sempat menggunakan pelampung saat terjun ke laut untuk menyelamatkan diri. Untuk sementara korban meninggal dunia sebanyak 6 orang dan korban selamat masih dilakukan pendataan,” katanya.
Pantauan awak media ini hingga pukul 19.00 Wita, belum ada keterangan pasti berapa jumlah penumpang yang ada dalam kapal naas itu. Namun, berdasrkan informasi yang berhasil dihimpun, KM. Lintas Samudera itu dapat mengangkut penumpang hingga kapasitas 60 orang. (m1/hen)

Berikut data sementara korban KM. Lintas Samudera yang berhasil dihimpun Kolaka Pos
Korban meninggal dunia
1. Aifa (6 bulan). 2, Fakrul (5 tahun). 3, Hasni (Dewasa). 4, Wananti (Dewasa). 5, Rosdiana (Dewasa). 6, Rosmayana (Dewasa).
Korban Selamat
1, Marlina (52 tahun). 2, Katiem (46 tahun). 3, Wa Bone (36 tahun). 4, Amsa (8 tahun). 5, Ine (30 tahun). 6, Haris (19 tahun). 7, Ema (18 tahun). 8, Wa Faimu (64 tahun). 9, Inal (16 tahun). 10, Saiful (16 tahun). 11, La Naona (nahkoda. 48 tahun). 12, Jamil (ABK. 39 tahun). 13, La Feri (ABK. 40 tahun).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top