Cegah Lonjakan Harga, Bulog Baubau Buka Outlet RPK – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Jazirah Sultra

Cegah Lonjakan Harga, Bulog Baubau Buka Outlet RPK

Kepala Perum Bulog Sub Divre Baubau (memakai kacamata) saat menunjukan outlet RPK.FOTO : Harun/Kolaka Pos

KOLAKA POS, BAUBAU – Perum Bulog Sub Divisi Regional (Divre) Baubau terus berupaya untuk mengendalikan harga agar tetap stabil. Salah satu upaya yang dilakukan mengendalikan harga di pasar, Perum Bulog Sub Divre Baubau mendirikan outlet Rumah Pangan Kita (RPK) disejumlah tempat.
Kepala Perum Bulog Sub Divre Baubau, Bahar Haruna mengatakan, program yang dikeluarkan Perum Bulog ini bertujuan agar harga di pasar tetap stabil. Sebab, sebagian harga komoditi di pasar mengalami kenaikan diantaranya beras, minyak dan gula. “Kami mengadakan program Rumah Pangan Kita (RPK). Tujuannya untuk menstabilkan harga yang ada di setiap pasar. Sebab, saat ini harga biasanya mengalami kenaikan.
Ia menjelaskan, dalam menjalankan program ini Perum Bulog bekerjasama dengan Dinas Perdagangan Kota Baubau. Dan program ini merupakan salah bagian dari operasi pasar yang selalu dilakukan di sejulah tempat. “Disini (Baubau, red) kami tidak bertujuan untuk mengganggu pasar, karena harga itu tidak bisa terlalu rendah, tapi yang wajar,” tegasnya.
Bahar Haruna mengungkapan, program ini merupakan pertama kali dilaksanakan. Bahkan pihaknya juga sudah melaunching program ini dan dibuka langsung Walikota Baubau beberapa waktu lalu. “Program ini kami sudah launching juga, bahkan dibuka langsung Walikota Baubau beberapa waktu lalu. Sebab, ini merupakan salah satu bagian dari operasi pasar yang selalu dilakukan. Misalnya saja, ada salah satu komoditi yang mengalami kenaikan, kami bersama dengan Dinas Perdagangan Baubau datang melaksanakan operasi pasar,” paparnya.
Ia menambahkan, untuk lokasi outlet yang ada saat ini di kantor Perum Bulog Baubau dan di bagian Gudang. Rencananya akan dibuka lagi di setiap daerah pemukiman di kota Baubau. “Jadi nanti ada outlet yang akan kita buka, untuk sementara itu di kantor Bulog dan gudang. Rencananya kami akan menyasar di daerah pemukiman, agar warga bisa menjangkaunya. Karena harga yang ditawarkan lebih rendah dibandingkan dengan harga pasar. Adapun yang akan dijual itu seperti beras, minyak goreng, bahkan kami sementara mendatangkan gula pasir. Komoditi yang sering berfluktuasi itu dijual,” terangnya.
Pria yang akrab disapa Bahar ini berharap, dengan adanya program ini para warga bisa menjangkaunya, serta bisa menekan lonjakan harga dipasaran. (hrn)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top