Koltim Akan Ciptakan Sudut Baca – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Kolaka Timur

Koltim Akan Ciptakan Sudut Baca

NET/ILUSTRASI

NET/ILUSTRASI

KOLAKA POS, TIRAWUTA – Demi meningkatkan minat baca kepada seluruh masyarakat, Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), mulai melayangkan surat kepada para Kepala Desa, Lurah, Camat hingga pimpinan SKPD setempat. Dalam surat yang dilayangkan tersebut, Badan Perpustakan dan Arsip Daerah telah mengisyaratkan atau meminta mereka agar dapat membuat ruangan khusus walaupun kecil, untuk dapat meningkatkan minat baca kepada siapa saja. Hal itu dikatakan langsung oleh Kepala Badan Perpustakan dan Arsip Daerah Pemkab Koltim Herman, kepada wartawan koran ini kemarin.
Ruangan yang dimaksud lanjut Herman adalah sudut baca. Dimana para Kades, Lurah, Camat maupun pimpinan SKPD bisa dengan mudah untuk menciptakannya.
“Hanya butuh sedikit ruangan untuk menciptakan sudut baca. Saya pikir, itu bisa dilakukan disetiap perkantoran yang ada. Sebab, dengan membaca buku, kita bisa mengetahui dunia, khususnya peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya.
Untuk itu kata mantan Kepala Kesbangpol Koltim ini, jika sudut baca tersebut bisa dipenuhi, pihaknya bisa menyuplai buku. Mulai dari buku pertanian, perkebunan, penyuluhan, perekonomian maupun jenis buku bacaan lainnya yang dianggap bermanfaat. Selain itu, para Kepala Desa juga bisa menganggarkannya tersendiri tiap tahunnya. “Ini juga merupakan salah
satu agar sumber daya manusia yang ada bisa meningkat,” katanya.
Ia juga mengatakan, saat ini pihaknya sudah memiliki beberapa buku yang merupakan bantuan dari perpustakaan Provinsi. Lain halnya dengan mobil perpustakaan keliling dan gedung perpustkaan daerah, pihaknya saat ini belum memililikinya. Namun hingga saat ini masih terus diperjuangkan di pusat agar bisa memilikinya.
“Kalau lahannya, Pemkab Koltim sudah siapkan. Sedangkan minat baca masyarakat Koltim belum bisa diketahui. Karena Koltim belum memiliki perpustakaan daerah. Kecuali sudah ada, kami bisa memberikan penilaian,” tuturnya. (ing)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top