Hasbullah Thayeb : Program Utama Saya Membangun Desa Kota Mulya – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Jazirah Sultra

Hasbullah Thayeb : Program Utama Saya Membangun Desa Kota Mulya

KOLAKA POS, KONUT – Pembangunan suatu desa tentunya sangat didukung oleh kebersamaan dan kegotong royongan masyarakat dan terutama kepemimpinan seorang Kepala Desa. Desa Kota Mulya, kecamatan Asera, kabupaten Konawe Utara, merupakan salah satu desa yang diharapkan bisa menjadi desa percontohan kini semakin menggenjot pembangunannya. Dibawah nakhoda Hasbullah Thayeb, desa Kota Mulya ini menunjukkan banyak kemajuan disektor pengembangan jalan desa, yang memang selama ini masih minim.
“Desa Kota Mulya ini adalah desa pemekaran dari desa induk Walasolo, kecamatan Asera, di tahun 2006 dan setelah melalui proses pemilihan kepala desa di tahun 2011, dan dilantik tanggal 2 Februari 2012 sebagai kepala desa defenitif sampai sekarang ini,” kata Kepala desa Kota Mulya Hasbullah Thayeb, Jumat (5/8).
Menurutnya, desa Kota Mulya ini sudah bisa dikategorikan desa yang patut dijadikan desa percontohan, meskipun klasifikasinya masih dibutuhkan sejumlah pengembangan pembangunan, tetapi disisi lain desa ini cukup menunjukkan kemajuan yang signifikan.
“Selain sektor perekonomian, desa ini juga dalam lini pemerintahan kami tata dengan sebaik mungkin, sehingga aparat-aparat kami di desa semuanya kami fungsikan sesuai dengan tupoksinya. Saya tak mau mereka tak melakukan tugas pokok dan fungsinya sebagai aparat desa, karena roda pemerintahan akan berjalan jika semuanya bisa bekerja sama dalam hal menjalankan tugas pokok dan fungsi kita masing-masing,” jelasnya.
Terkait dana desa yang masuk di desa Kota Mulya tahun anggaran 2016 ini, Hasbullah Thayeb menjelaskan, sejak bergulirnya dana desa dari APBN ia selaku kepala desa langsung mengumpulkan semua aparat desa dan melakukan rapat desa, untuk membahas penggunaan dana desa tersebut.
“Semua aparat harus mengetahuinya, begitupun dengan tokoh masyarakat desa, semuanya kami libatkan dan ajak untuk mendukung program yang dicanangkan oleh pemerintah pusat dan daerah KONASARA (Konawe Utara Ruksamin-Raup), dimana selalu mengacu kepada kesejahteraan masyarakat dan keberadaban masyarakat sesuai visi dan misi KONASARA,” bebernya. “Untuk dana desa APBN triwulan pertama ini, sesuai PTO-nya kami menggunakannya untuk pembangunan dan peningkatan jalan desa sepanjang 1000 meter, drainasse sepanjang 50 meter dan kami melibatkan masyarakat desa untuk pekerjaannya dan upahnya sesuai harian orang kerja (HOK). Penimbunan jalan desa menggunakan tanah pasir batu sebanyak 900 ret dan akan dikerjakan menggunakan grader yang kami sewa. Harapan kami semoga anggaran dana desa yang masuk ke desa kami ini bisa memberikan banyak perubahan dan kemajuan di desa kami, mengingat desa kami masih butuh sejumlah dana untuk peningkatan dan pengembangan, baik sarana transportasi maupun sarana lainnya,” sambungnya.
Salah seorang warga desa Kota Mulya Juslan mengatakan, kepala desanya begitu bermasyarakat sehingga semua urusan mudah untuk dilayani, karena kepala desanya selain memiliki jiwa sosial juga selalu memberikan pelayanan dimanapun ia berada, karena dia sadar bahwa pelayanan kepada masyarakat adalah tujuan utamanya dalam menjalankan roda pemerintahan di desanya, sesuai visi dan misinya sebagai kepala desa.
“Kepala desa kami sejak dilantik sebagai kepala desa, kami sudah rasakan pemerintahannya yang begitu transparansi, bahkan kami selaku warga desa bangga ketika dia terpilih karena dia memang layak untuk dijadikan panutan di desa. Salah satu apresiasi kami kepada dia adalah seperti terpenuhinya penerangan (listrik, red) disejumlah rumah warga, masuknya program SPAM (Sarana Penyedia Air Minum, red) dan sejumlah fasilitas pemerintahan dan kemasyarakatan lainnya, kami salut kepada pak Hasbullah Thayeb,” ungkapnya. (k7)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top