Demi Melayani Warga, Tiga Mobil Pribadi Bisa Digunakan Secara Gratis – KOLAKA POS

KOLAKA POS

SAFARI DESA

Demi Melayani Warga, Tiga Mobil Pribadi Bisa Digunakan Secara Gratis

Kepala Desa Baula, Ponggoro, SP.

Kepala Desa Baula, Ponggoro, SP.

KOLAKA POS, KOLAKA – Memberikan pelayanan yang optimal kepada warganya, memang sudah merupakan sebuah kewajiban yang melekat kepada seorang pemimpin, sebab bagaimanapun pemimpin dalam sebuah wilayah pemerintahan adalah mereka yang telah sanggup memikul sebuah tanggung jawab yang cukup besar bagi kelangsungan kehidupan dalam wilayah kepemimpinannya.

Seperti yang dilakukan oleh Kepala Desa Baula Kecamatan Baula, Ponggoro, yang saat ini membuat sebuah terobosan besar untuk melayani warganya yang kurang mampu jika secara tiba tiba mengalami sakit dan membutuhkan kendaraan untuk membawa ke pusat kesehatan. Dengan mengajak 2 warga desanya yang juga telah memiliki kendaraan roda empat, untuk dapat digunakan kapan saja oleh warga menuju puskesmas ataupun ke rumah sakit.

Saat ditemui, Ponggoro mengatakan bahwa salah satu kendala yang cukup dirasakan oleh warganya yang secara tiba tiba akan diantar ke puskesmas atau ke rumah sakit untuk berobat adalah minnya kendaraan. Sebab kata dia, sebagai salah satu desa yang masyarakatnya masih banyak yang berada di bawah status kemiskinan, bisa dikatakan hanya sebagian kecil saja yang telah mampu memiliki kendaraan roda empat secara prinadi. Dengan kondisi demikian, perhatian pemerintah dalam memberikan pelayanan adalah paling utama.

“Dengan kondisi tersebut kami mengajak kepada beberapa orang warga yang telah memiliki mobil untuk secara suka rela membantu saudaranya yang jika secara tiba tiba harus diantarkan ke puskesmas ataupun rumah sakit untuk mendapatkan pelayanan medis, termasuk bagi kaum ibu yang jika akan melahirkan. Alhamdulillah dengan pendekatan itu, saat ini kami telah menyiapkan 3 unit kendaraan pribadi yang merupakan milik dua orang warga, termasuk 1 umit milik saya pribadi. Mobil ini bisa digunakan oleh siapa saja dan kapanpun waktunya. Sepanjang warga tersebut akan diantar ke puskesmas atau rumah sakit kami siap 24 jam,”kata Kepala Desa yang telah menjabat di periode ke tiganya ini.

Ponggoro menambahkan bahwa program pelayanan yang berkaitan dengan kesehatan ini selain lahir dari keinginan mereka, juga merupakan pengawejantahan dari visi dan misi Pemerintah Kabupaten Kolaka, khususnya pada 9 program prioritas Utama Pemda Kolaka yang lebih dikenal dengan program Strategi Menuju Sejahtera Bekerja dan Berkarya (SMS Berjaya).

“Jadi program pelayanan pemerintah Desa Baula dibidang kesehatan ini sangat sejalan dengan visi dan misi bapak Bupati dan Wakil Bupati Kolaka, H. Ahmad Safei dan Muh. Jayadin. Apalagi sebagai Seorang Kepala Desa, kami merupakan ujung tombak pemerintahan ditingkat desa dimana tetap bersinergi dengan program Pemerintah Daerah Kabupaten Kolaka,”terang Ponggoro.

Sementara itu, Tasrun, salah seorang warga Desa Baula yang dimintai pendapatnya terkait program PemerintahDesa Baula ini menyatakan sangat menyambut baik, sebab bagaimanapun selama ini masalah pelayanan terhadap warga yang dengan tiba tiba jatuh sakit dan harus dibawah ke puskesmas atau rumah sakit menjadi kendala yang sangat sering terjadi.

“Kami cukup bersyukur ternyata pemimpin di daerah ini masih memiliki kepekaan yang kuat dalam membantu masyarakat kecil yang memang sangat mengharapkan bantuan. Semoga program seperti ini bukan hanya dilaksanakan di Desa Baula ini, namun juga dapat dilakukan di daerah lainnya,” harap warga ini. (cr3/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top