Nakertrans : Bantuan Peralatan Hanya Untuk Tenaga Kerja Mandiri – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Metro Kolaka

Nakertrans : Bantuan Peralatan Hanya Untuk Tenaga Kerja Mandiri

Kepala bidang penempatan tenaga kerja Laode Rahmat saat memberikan pembekalan di aula kecanatan Toari.FOTO : Dadang/Kolaka Pos

Kepala bidang penempatan tenaga kerja Laode Rahmat saat memberikan pembekalan di aula kecanatan Toari.FOTO : Dadang/Kolaka Pos

KOLAKA POS, KOLAKA – Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Andi Sastra Pangerang, melalui Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja, Laode Rahmat, mengadakan pembekalan di kecamatan Watubangga dan Toari, bagi calon peserta kelompok yang akan mendapatkan bantuan dari Kementerian Tenaga Kerja.
“Alhamdulillah Kolaka mendapat bantuan pelayanan untuk pengangguran yang ada di desa. Bantuannya sesuai dengan kebutuhan kelompok masyarakat. Ada kelompok manasik, perbengkelan, pertukangan dan kelompok sembako,” ujarnya Laode Rahmat saat memberikan pembekalan kepada masyarakat calon penerima bantuan di aula pertemuan Kantor Camat Toari.
Rahmat menambahkan, penerima bantuan nantinya akan selalu didampingi oleh tenaga pendamping. Nantinya setiap masyarakat baik itu kelompok sembilan bahan pokok, maupun menjahit akan selalu mendapat pendampingan. Fungsi dari pendampingi tersebut adalah agar nantinya tidak ada bantuan yang disalahgunakan.
“Harapan kami bantuan ini bisa berkembang dan bisa mengatasi pengangguran yang ada di pedesaan. Kemudian usulan yang dimasukan oleh masyarakat akan disesuaikan dengan kondisi dan yang dibutuhkan di lokasi tersebut. Kami akan memberikan bantuan sesuai kebutuhan, bukan sesuai keinginan kelompok,” katanya.
Kegiatan pembekalan yang dilakukan oleh Nakertrans Kolaka akan dilaksanakan selama enam hari, dimana kecamatan Watubangga tiga hari dan Toari tiga hari. Selain memberikan pendampingan kepada kelompok pendamping juga akan memberikan solusi kepada kelompok, jika ada masalah di dalam kelompok tersebut misalkan strategi permasalan dan pengembangan kelompok wirausaha.
“Ada dua pendamping orang yang akan melakukan kunjungan kekelompok usaha. Nanti mereka yang akan memberikan solusi percepatan meningkatkan usaha kelompok,” tambahnya.
Sementara itu, Camat Toari Sabarudin mengatakan, bantuan yang akan diberikan pastinya membawa dampak yang baik di Kecamatan Toari, bahkan saat ini jika ada masyarakat yang ingin menjahit silahkan datang di kecamatan toari, banyak penjahit yang sudah teruji.
“Alhamdulillah, kami akan medapatkan bantuan lagi, ada kelompok mesin jahit dan kelompok sembako. Harapan kami pemerintah kecamatan, kelompok penerima ini bisa mengembangkan usahanya,” imbuhnya. (hud)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top