Ketua DPD PAN Mansyur Amila tak Dilantik – KOLAKA POS

KOLAKA POS

KOTA KENDARI

Ketua DPD PAN Mansyur Amila tak Dilantik

Lukman Abunawas : Karena Tercatat PNS Pemprov


KOLAKA POS, KENDARI – 
Kendati terpilih sebagai Ketua Dewan Pimpinan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Boton Tengah (Buteng) dalam musyawarah Wilayah (Muswil) PAN beberapa waktu lalu namun Mansyur Amila Belum bisa dilantik dalam pelantikan yang dijadwalkan tadi Malam.
Sebab, Menurut Sekertaris Daerah (Sekda) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Lukman Abuwas. Rabu (3/8) sampai saat ini Mansyur Amila masih tercatat sebagai Pengawai Negeri Sipil (PNS) di lingkup Pemprov Sultra ya
ng saat ini menjabat sebagai Pelaksana Jabatan (PJ) Buteng. Sesuai perundang-undangan tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) PNS tidak diperbolehkan bergabung dalam partai politik.
“Iya, (Mansyur Amila. red) saat ini masih menjabat sebagai PJ. dan sesuai peraturan ASN itu tidak bisa terlibat partai politik maka belum bisa dilantik sebagai Ketua DPD PAN Buteng dalam pelantikan yang akan dihelat sebentar malam,” katanya.
Kalaupun Mansyur Amila tetap dilantik Lanjut mantan Bupati Konawe dua periode itu maka ada sangsi yang akan diberikan.
“Status PNS dan PJ bupati akan langsung digugurkan dengan tidak hormat sebab dia telah melanggar peraturan perundang-undangan,” bebernya.
Dia menambahkan, meskipun Mansyur Amila telah mengajukan pengunduran diri sebagai PNS namun sampai saat ini belum ada surat pemberhentiaanya. Dengan alasan yang berhak memutuskan status PNSnya adalah Badan Kepegawaian Nasional (BKN).
“Karna dia PNS dengan Golongan IVc maka yang berhak mengeluarkan surat pemberhentian adalah BKN, bukan kami, kalau status sebagai PJ itu baru pak Gubernur bisa memberhentikan,” tutupnya. (k1/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top