Sulit Ditertibkan, Angkutan Umum di Kolaka – KOLAKA POS

KOLAKA POS

BERITA UTAMA

Sulit Ditertibkan, Angkutan Umum di Kolaka

NET/ILUSTRASI

NET/ILUSTRASI

KOLAKA POS, KOLAKA – Kabupaten Kolaka angkutan umumnya selalu mengalami peningkatan. Akibatnya persaingan antar sesama sopir angkutan umum tak dapat dihindari. Bahkan ada beberapa sopir angkutan umum yang sengaja melanggar peraturan pemerintah demi mendapatkan penumpang sebanyak mungkin.

Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Iformatika Kolaka Bakri Balusu mengakui, pihaknya kesulitan dalam menertibkan angkutan umum. Adapun pelanggaran yang sering dilakukan adalah mengambil penumpang ditempat yang tidak dibolehkan, serta menggunakan plat hitam. Meskipun telah beberapa kali diberikan teguran kepada sopir yang tidak patuh, namun kesalahan yang sama masih tetap dilakukan. “Ada beberapa sopir itu yang sering mengambil penumpang di depan terminal, bukan di dalam terminal. Ada juga yang menggunakan plat hitam. Semua pelanggaran itu sudah diingatkan. Bahkan bukan hanya sopirnya saja, tetapi juga dengan pemiliknya. Hanya saja, ketika mereka merasa sudah tidak ada yang mengawasi, para sopir itu kembali melanggar,” keluhnya.

Bakri mengatakan, pihaknya tidak dapat menindak para sopir yang melanggar. Sebab hal itu bukan merupakan kewenangan Dishub. Dimana pihaknya hanya sebatas memberi peringatan. Olehnya itu, ia hanya berharap para kesadaran sopir angkutan umum untuk taat pada peraturan. “Kami hanya memberi peringatan, yang menindak itu Polantas. Jadi kami hanya bisa menghimbau para pemilik dan sopir angkutan umum untuk taat aturan angkutan umum di Kolaka dapat berjalan tertib dan perselisihan antar sesama sopir juga tidak terjadi,” harapnya. (hud/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top