Kolut Segera Miliki Kantor Pengadilan Agama – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Kolaka Utara

Kolut Segera Miliki Kantor Pengadilan Agama

Ketua Pengadilan Tinggi Agama Sultra dan rombongan mengunjungi lokasi kantor sementara Pengadilan Agama Lasusua, Kolaka Utara.FOTO : Suleha/Kolaka Pos

Ketua Pengadilan Tinggi Agama Sultra dan rombongan mengunjungi lokasi kantor sementara Pengadilan Agama Lasusua, Kolaka Utara.FOTO : Suleha/Kolaka Pos

KOLAKA POS, LASUSUA – Kemarin (2/8), Ketua Pengadilan Tinggi Agama Sultra Muslimin, mengunjungi lokasi rencana pembangunan kantor Pengadilan Agama Kolut, yang dihibahkan Pemkab Kolut seluas 5.800 meter persegi.
Muslimin menyatakan, saat ini Pemda Kolut telah menghibahkan tanahnya di kompleks perkantoran, yang berdekatan langsung dengan kantor Kejaksaan Negeri Lasusua. Tujuan mengujungi lokasi tersebut, tak lain sebagai tahapan pemantapan.
“Kunjungan kami ini dalam rangka kunjungan memantapkan persiapan pembentukan pengadilan agama Lasusua yang baru. Kita harus mengecek persiapan Pemda, untuk persiapan pembangunan gedung, untuk tempat persiapan persidangan sementara, sambil menunggu persiapan pembangunan yang baru,” katanya.
Lebih lanjut dia menuturkan, untuk pembangunan gedung pengadilan agama Lasusua, dalam proses pengusulan melalui RKKN dan pengusulan melalui DIPA dan saat ini pihaknya diperintahkan untuk melengkapi syarat-syarat, sehingga saat anggaran pembangunan dikucurkan bisa segera dilaksanakan. “Makanya kami berusaha memperoleh akta hibah lokasi pembangunan bangunan baru, dan surat keterangan penyerahan gedung untuk digunakan sementara bersidang,” jelasnya.
Untuk kantor sementara kata Muslimin, tergantung dari kesiapan pihaknya yang akan segera membenahi dan dilengkapi oleh kepala PA Kolaka, tapi hal tersebut bisa dilakukan jika sudah ada penunjukan gedung sementara yang diserahkan oleh Pemda. Pemda Kolut merekomendasikan lokasi gedung sementara di kompleks bundaran Suawindu Lasusua, dan jika lokasi tersebut sudah diserahkan maka akan segera digunakan melaksanakan sidang keliling untuk warga Kolaka Utara.
Untuk saat ini lanjutnya, ada tiga lokasi kantor PA yang telah dikunjunginya selain Kolaka Utara ada Bombana dan Wakatobi. Menurutnya, dari tiga lokasi tersebut lokasi kantor PA Kolaka Utara yang paling strategis.
“Ada tiga Pengadilan Agama sesuai dengan Kepres nomor 13, yang akan diusulan untuk pembangunan yakni PA Kolaka Utara, Bombana dan Wakatobi. Ketiganya telah dikunjungi dan Kolut adalah yang terakhir dikunjungi dan dicek kesiapannya, dan dari ketiganya di Kolaka Utara yang paling bagus dan strategis lokasinya,” tandasnya. (cr2)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top