Direktur SJS Bantah Usaha Galian Sirtunya tak Berizin – KOLAKA POS

KOLAKA POS

BERITA UTAMA

Direktur SJS Bantah Usaha Galian Sirtunya tak Berizin

NET/ILUSTRASI

NET/ILUSTRASI

KOLAKA POS, KOLAKA – Direktur Pt. Satria Jaya Sultra (SJS), H. Sukri membantah jika kegiatan mengambil sirtu di sungai Lamekongga Kelurahan Ngapa Kecamatan Wundulako Kabupaten Kolaka tak berizin. Menurutnya kegiatan tersebut hanya bersifat sementara saja yaitu meluruskan sungai karena lokasi tanahnya terancam abrasi jika tidak diluruskan. “Waktu saya memulai itu saya meminta izin sama pak camat dan saya sampaikan bahwa lokasiku terancam banjir, makanya saya luruskan itu sungai, hanya kebetulan sirtunya memang ada makanya kita manfaatkan,” kata H. Sukri yang ditemui Kolaka Pos.
Terkait dokumen Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup- Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup atau dokumen UKL-UPL yang harus dimiliki dalam usaha galian tersebut seperti yang dinyatakan oleh Kepala Bidang Lingkungan Hidup BLHK Kolaka, Agus Andy sebelumnya, H. Sukri mengatakan bahwa karena hanya bersifat sementara saja hal itu tidak perlu. “Kan hanya sementara kita luruskan itu sungai, tidak terus menerus kita gali,” ujarnya.
Meski demikian, H. Sukri mengatakan bahwa pihaknya akan berkoordinasi dengan Bidang Lingkungan jika diangap kegiatannya menyimpang.
Sebelumnya, Kepala Bidang Lingkungan Hidup BLHK Kolaka, Agus Andy Kepada Kolaka Pos mengatakan dokumen UKL dan UPL harus dimiliki setiap usaha kegiatan sirtu di sungai jika kualifikasi dan kegiatan yang dilakukan dalam jangka waktu lama dan melibatkan alat berat. “Kalau di sini di Kabupaten Kolaka kita wajibkan itu dengan indikator jika itu dilakukan menggunakan alat mekanis atau alat berat, besaran dan luasannya serta jangka waktunya yang lama,” ujarnya.
Namun menurutnya jika hanya bersifat sementara, itu tidak diperlukan namun tetap melakukan koordinasi dengan BLHK. “Tapi kalau hanya sementara saja, apalagi tidak terus menerus memang tidak diwajibkan, tetapi tetap dikoordinasikan,” ujarnya. (cr4/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top