DAU Pemkab Kolaka Kosong – KOLAKA POS

KOLAKA POS

BERITA UTAMA

DAU Pemkab Kolaka Kosong

Nur Syamsu : Maaf Pembayaran Proyek Belum Bisa Dilaksanakan

Kadispenda : Tersedia Kok, Dana DAU, DAK dan Bagi Hasil

 

KOLAKA POS, KOLAKA – Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kolaka, Nur Syamsu, menyatakan saat ini Pemda Kolaka tidak punya uang untuk menyelesaikan pembayaran sejumlah proyek yang sudah dikerjakan maupun sementara dalam proses pengerjaan. Ketidakmampuan pembayaran ini disebabkan dana transfer dari pusat belum ada, termasuk dana bagi hasil dari pusat belum ada yang cair ke Pemda Kolaka.
Menurutnya, saat ini baik Dana Alokasi Umum (DAU) maupun dana bagi hasil sama sekali tidak ada untuk dibayarkan kepada pihak rekanan pelaksana proyek-proyek pembangunan di Kolaka.
Pantauan media ini, di ruangan kerja Nur Syamsu terlihat berkas permintaan pencairan dana yang menumpuk dan berserakan. Di sana terlihat beberapa bendahara dari SKPD sibuk memilah berkas berkas yang berserakan hingga ke kursi tempat duduk karena meja lebar tidak dapat lagi menampung berkas permintaan pencairan dana dari sejumlah Dinas.
“Saat ini dana APBD yang bersumber dari DAU tidak ada untuk membayarkan permintaan pencairan. Kalau dana DAK tersedia dan hari ini juga bisa dibayarkan,” ujar Nur Samsu, Selasa (2/8/2016).
Dikatakan, kalau ingin mengecek apakah uang ada masuk atau tidak silakan konfirmasi kepada Kepala Bidang yang menangani Kasda (Kas Daerah) atau langsung saja pertanyakan kepada Kepala Dinas Pendapatan Daerah, karena kami tidak tahu apa ada uang masuk atau tidak.
“Saya sangat teliti, kalau dana DAK yah dibayarkan sesuai DAK, dan kalau dana DAU yah akan dibayarkan oleh dana dari sumbernya DAU juga, tidak seperti sebelumnya,” katanya.
Sementara itu, diluar ruangan Nur Samsu juga terlihat beberapa rekanan proyek mengantri untuk melakukan komunikasi dengan Kepala BPKAD Kolaka itu.
Kepala Bidang Perbendaharan Andi Pati saat dikorfirmasi, senada dengan Kepala BPKAD. Menurutnya sekarang ini tidak ada uang buat sumber dana DAU, kecuali dana DAK.
“Saat ini memang sama sekali uang buat dana DAU, kecuali dana DAK ada dan bisa langsung dibayarkan hari ini juga. Kalau tidak percaya silakan di cek pada Dispenda,” jelasnya.
Sementara itu, Kepala Dinas Pendapatan Daerah, Zulkarnain melalui telepon selularnya, menjelaskan bahwa saat ini semuanya normal dan dana ada. Dikatakan, untuk dana DAU, DAK dan bagi hasil ada serta semuanya penerimaan normal normal saja serta pengunaanya sesuai dengan peruntukannya,” katanya.
Perbedaan pandangan antara Kepala BPKAD dan Kepala Perbendaharaan serta pernyataan Kepala Dispenda Kolaka itu menimbulkan salah tafsir publik terhadap kondisi keuangan Pemda Kolaka saat ini.
Menanggapi itu, Kabag Humas dan Protokoler Pemda Kolaka Amri Djamaluddin, menyampaikan bahwa pernyataan Kepala BPKAD Kolaka itu keliru. Sebab, sebelumnya Sekda Kolaka, Poitu Murtopo telah menegur Nur Samsu untuk tidak melontarkan pernyataan kepada publik yang seolah-olah Pemda Kolaka kini tidak memiliki uang. (cr1/hen)

Klik di sini untuk Balas atau Teruskan

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top