Buka Keterisolasian Wilayah, JUT di Lalonggolosua Dibangun – KOLAKA POS

KOLAKA POS

SAFARI DESA

Buka Keterisolasian Wilayah, JUT di Lalonggolosua Dibangun

20160802_112047

Kepala Desa Lalonggolosua, Jaelani Hasan memimpin pengerjaan pembukaan Jalan Usaha Tani di desanya. FOTO : Hasrul/ Kolaka Pos

KOLAKA POS, KOLAKA – Dengan potensi tambak dan perkebunan yang cukup luas di wilayah itu, Pemerintah Desa Lalonggolosua Kecamatan Tanggetada kini memberikan perhatian dan dukungan yang cukup serius pada pembangunan di sektor ini. Dukungan dimaksud antara lain membangun fasilitas dan infrastruktur desa yang sangat diharapkan oleh masyarakat, guna mengoptimalkan peningkatan perekonomian bagi masyarakat di desa tersebut. Apalagi dengan kucuran anggaran pembangunan yang cukup besar dari pemerintah pusat maupun dari Pemerintah Daerah Kabupaten Kolaka, setidaknya pemerintah desa dapat memanfaatkannya dengan sebaik mungkin.

Seperti yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Lalonggolosua saat ini, melalui anggaran Dana Desa tahap pertama tahun 2016, tengah membuka Jalan Usaha Tani (JUT) sepanjang 1 km di desa tersebut. Jalan ini menghubungkan antara dusun I dan dusun II di desa itu yang selama ini menjadi terisolir karena tak memiliki akses jalan yang bisa digunakan oleh warga. Padahal di daerah tersebut warga sangat berharap dibangunnya sarana transportasi karena terdapat areal tambak dan lahan perkebunan warga yang cukup luas.

” Memang selama ini lokasi tersebut nampak terisolir karena belum ada jalan penghubung yang bisa dimanfaatkan menuju ke tambak dan perkebunan warga. Makanya dengan anggaran dana desa tahun ini, kami melakukan pembukaan jalan baru yang saat ini tengah dikerjakan, agar kendaraan yang selama ini tidak bisa masuk ke lokasi itu, bisa menjadi lancar,”kata Kepala Desa Lalonggolosua, Jaelani Hasan.

Kades Lalonggolosua menambahkan bahwa di lokasi yang sama, selain jalan usaha tani yang akan dikerjakan juga telah dikerjakan satu unit jembatan yang menghubungkan jalan tersebut.

“Pembukaan jalan menuju tambak yang kita akan kerjakan kurang lebih 1 km yang didukung dengan 1 unit jembatan semipermanen diatasnya. pembangunan jalan ini menghubungkan permukiman warga di Dusun 1 dan 2 dengan tujuan menuju ke lahan tambak warga. Bahkan bukan hanya warga lokal yang akan menikmati jalan tersebut, melainkan seluruh warga yang memiliki kepentingan di desa itu, sebab jalur ini nantinya menjadi jalan alternatif selain jalan utama yang sudah ada saat ini,”tutur Jaelani (cr3/hen)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top