Tukang Masak PT. Mapanpun dari China – KOLAKA POS

KOLAKA POS

BERITA UTAMA

Tukang Masak PT. Mapanpun dari China

POA : PT. Mapan Legal, Cuma tidak Dilaporkan TKA

 

sekretaris Pengawasan Orang Asing Kolaka Teguh Budi Raharjo.FOTO : Dadang kop

sekretaris Pengawasan Orang Asing Kolaka Teguh Budi Raharjo.FOTO : Dadang kop

KOLAKA POS, KOLAKA – Pemantauan Orang Asing (POA) di Kolaka ternyata sudah mendeteksi adanya Tenaga Kerja Asing (TKA) di PT. Mapan Asri Sejahtera di desa Sopura kecamatan Pomalaa. Bahkan jumlah pekerja asing disana bukan hanya 26 namun jumlahnya sampai saat ini sudah mencapai 28. “Kami sebagai tim pengawas sudah turun dilapangan dan memang benar PT. Mapan Asri Sejahtera, terdapat orang asing, kami juga sudah melihat dokumen TKA yang ada di PT. Mapan, semuanya lengkap namun sayang kami tidak bertatap muka dengan para pekerja asing tersebut, ” ujar sekretaris POA Kolaka Teguh Budi Raharjo.

Menurut Teguh, sebenarnya bisa dikatakan PT. Mapan itu perusahaan bandel yang tidak mau melaporkan sendiri mengenai tenaga kerja asingnya. Jadi data yang didapatkan oleh POA Kolaka itu merupakan hasil tim yang turun dilapangan langsung. “Data yang ada pada kami itu ada karena kami turun lapangan. Kemungkinan besar jika kami tidak turun lapangan itu PT. Mapan tidak akan melaporkan data TKA nya. Kalau masalah di dinas Nakertrans PT. Mapan tidak melapor kami tidak mau turut campur. Kami saja dapat data karena turun di lapangan,”ujar Teguh.

Untuk tenaga kerja asing yang ada di PT. Mapan itu dari data yang ada semuanya lengkap dokumen mulai dari paspor dan tujuan kerja di Indonesia.Asal para kerja asing yang berada di PT. Mapan itu dari China dengan total 28 orang, dengan rincian 2 orang perempuan Lei Fag dan XI Huanhuan dan 26 laki-laki. Dalam keterangan yang POA Kumpulkan, Jabatan Jenderal manager dipegang oleh Xiaodong Wang. “Intinya kami sudah turun lapangan dan sudah mengarsipkan dokumen para tenaga kerja asing tersebut. Di dokumen izin kerja hanya berlaku 6 bulan, untuk ketrampilan kebanyakan akan bekerja sebagai Mekanikal and electrical engineering, bahkan tukang masak dan keungan PT. Mapan juga akan di kerjakan oleh orang asing.,”tambahnya. (hud/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top