Polres Kolaka Ungkap Sindikat Curanmor – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Metro Kolaka

Polres Kolaka Ungkap Sindikat Curanmor

Empat Penadah Diamankan, Satu Pelaku Masih Buron

 

 Kapolres Kolaka AKBP Darmawan Affandy saat melakukan konferensi pers di pelataran Mako Polres Kolaka.FOTO : Muzakkir/Kolaka Pos

Kapolres Kolaka AKBP Darmawan Affandy saat melakukan konferensi pers di pelataran Mako Polres Kolaka.FOTO : Muzakkir/Kolaka Pos

KOLAKA POS, KOLAKA – Kinerja Kepolisian Resor (Polres) Kolaka yang dipimpin oleh AKBP Darmawan Affandy, dalam mengungkap sindikat Pencurian Kendaraan Bermotor (Curanmor), yang kerap beroperasi di wilayah hukum Polres Kolaka, akhirnya membuahkan hasil.
Pria yang akrab disapa Darmawan ini menjelaskan, terbongkarnya sindikat Curanmor dengan puluhan tempat kejadian perkara (TKP) itu, berdasarkan Laporan Polisi (LP) dengan nomor Lp/144/V/2016 tertanggal 11 Mei lalu.
Saat itu, pihaknya melakukan penyelidikan dan penyidikan, hingga tertangkapnya satu dari dua pelaku Curanmor, bernama Aswar Bahar alias Iwan (23), warga lorong Bendungan, kelurahan Lalombaa, kecamatan Kolaka.
Sepakterjang Iwan, sebagai spesialis Curanmor dengan puluhan TKP di Kolaka, yang telah mencuri 37 unit kendaraan berbagai merek dan jenis, berakhir di Lasusua, kabupaten Kolaka Utara, saat dirinya ditangkap oleh tim Buser Polres Kolaka, dari persembunyiannya pada 14 Juni lalu.
”Hasil pengembangan Curanmor sejak Januari hingga Mei lalu, oleh penyidik dan tim Buser kami, hingga berhasil mengamankan 15 unit motor,” ungkapnya saat melakukan konferensi pers di pelataran Mako Polres Kolaka.
Ia menambahkan, setelah melakukan pengembangan, pihaknya berhasil menangkap empat orang penadah barang curian, masing-masing berinisial RS, IS, SS dan DW. ”Seluruh tersangka penadah barang curian, merupakan warga kelurahan Penanggo, kecamatan Lambandia, kabupaten Kolaka Timur, ditangkap polisi di kediaman masing-masing, pada Sabtu (30/7) lalu,” terang mantan Kapolres Kolaka Utara.
Kata Darmawan, satu lagi pelaku Curanmor yang telah diketahui identitasnya, berinisial AK, masih dalam pengejaran polisi dan masuk dalam daftar pencarian orang (DPO). ”Modusnya beroperasi di Kolaka dan menjual di kampung-kampung, ada di Koltim wilayah hukum Polsek Ladongi dan Lambandia, berdasarkan informasi hasil keterangan pelaku kepada polisi, ada yang dijual di kabupaten Bombana, hasil kejahatannya 37 unit dan kami amankan baru 15 unit, makanya terus kita kembangkan dan kejar satu tersangka lagi,” jelasnya.
Untuk diketahui, Polres Kolaka mengamankan 15 unit sepeda motor hasil curian, masing-masing V-Xion, Vega, Satria fU, Jupiter Z, Jupiter Mx, Mio Shoul Gt, Mio m3, Mio Gt, Revo, Supra Fit dan Supra X. ”Bagi yang merasa pernah kehilangan, segera ke Polres untuk mengecek kendaraannya, dengan membawa bukti STNK atau BPKB,” tandasnya. (cr1)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top