DPT Bombana Masih Gunakan Data Lama – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Jazirah Sultra

DPT Bombana Masih Gunakan Data Lama

foto DPTKOLAKA POS, BOMBANA – Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Bombana Arisman, belum memastikan secara detail tambahan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada penyelenggaraan kepala daerah tahun depan.
Menurutnya, hal tersebut masih menunggu hasil pemuktahiran data yang akan dilakukan oleh panitia data pemilih. “Saat ini data DPT masih menggunakan DPT dua tahun lalu, saat pemilihan presiden,” katanya.
Ia menambahkan, pemutakhiran data akan dilakukan pada Agustus, setelah singkron data yang akan digunakan di Bombana. Analisa DP4 dan DAK2 dengan daftar pemilih pemilu terakhir disingkronisasikan, dari hasil itu disampaikan pula pada KPU.
“Penyampaian singkronisasi dijadwalkan 13-16 Agustus,dari penyampaian tersebut hasilnya 18 Agustus,” ungkap Arisman di ruang kerjanya, Senin (1/8).
Setelah itu, lanjutnya, akan diadakan pembentukan bimbingan petugas data pemilih yang dijadwalkan September mendatang. Jika ada tambahan jumlah pemilih tetap, maka akan dilaporkan lagi di pusat untuk ditetapkan menjadi pemilih tetap pada penyelenggaraan pemilukada.
“Tentunya, jika ada penambahan DPT data benar-benar data valid dan akurat, selain dari pada itu kami akan melakukan kerjasama dengan pemerintah agar pembuatan keterangan domisili betul-betul dipantau atau diawasi, sehingga kedepan tidak terjadi kesalahan yang fatal sehingga tidak bisa dipertanggung jawabkan,” terangnya. (k6)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top