Tujuh Bulan, Kejari Selamatkan Uang Negara Rp1,7 M – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Metro Kolaka

Tujuh Bulan, Kejari Selamatkan Uang Negara Rp1,7 M

 

Kepala Kejari Kolaka saat memperlihatkan uang palsu kepada Bupati Kolaka, saat perayaan HUT Adhyaksa beberapa waktu lalu. FOTO : Muzakkir/Kolaka Pos

Kepala Kejari Kolaka saat memperlihatkan uang palsu kepada Bupati Kolaka, saat perayaan HUT Adhyaksa beberapa waktu lalu. FOTO : Muzakkir/Kolaka Pos

KOLAKA POS, KOLAKA – Belum lama ini Kejaksaan Negeri (Kejari) Kolaka merayakan Hari Ulang Tahun (Hut) Adhyaksa ke 56. Dalam penanganan kasus korupsi di Kolaka, kinerja Kejari membuahkan hasil yang cukup baik. Buktinya, terhitung selama tujuh bulan tercatat, uang korupsi yang kembali ke kas negara hingga miliaran rupiah.

Kepala Kejari Kolaka Jefferdian mengatakan, dari hasil dinas Kejari Kolaka yang diterima dan disetorkan ke kas negara, dalam kurun waktu tujuh bulan terhitung sejak Januari hingga Juli tahun ini, mencapai sekitar Rp. 1,7 miliar. ”Kalau sifatnya pembinaan, yang diterima kejaksaan dan disetorkan ke kas negara mencapai Rp. 1. 081. 450. 000, ” ungkapnya saat ditemui pekan lalu di ruang kerjanya.

Ia menjelaskan, untuk pemasukan penghasilan di luar pajak, yang disetor Kejari Kolaka ke kas negara sebanyak Rp. 28. 190. 000, yang terdiri dari biaya perkara, Rampasan, uang denda perkara Miras dan uang denda perkara tilang, yang merupakan tindakan pidana umum tahap II pada 152 perkara.

”Untuk tindak pidana khusus berupa penyelidikan lima perkara, penyidikan lima perkara dan penuntutan tiga perkara. Masing-masing penyelamatan keuangan negara Rp. 50 juta, pembayaran denda Rp. 275 juta dan uang pengganti Rp. 346. 535. 730 dengan total keseluruhan tindak pidana khusus di 13 perkara, senilai Rp. 671. 535. 730, ” ujarnya.

Selain kegiatan pengembalian uang negara, Kejari Kolaka juga melakukan MoU dengan empat instansi di Kolaka, termasuk Pemda Kolaka dan Kolaka Timur, serta kegiatan jaksa masuk sekolah. (cr1)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top