PT. Mapan Pekerjakan 26 TKA Ilegal? – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Jazirah Sultra

PT. Mapan Pekerjakan 26 TKA Ilegal?

FOTO : La Ode Rahmat.

FOTO : La Ode Rahmat.

KOLAKA POS. KOLAKA – Fenomena merekrut tenaga kerja asing (TKA) seakan sudah menjamur. Kali ini giliran PT. Mapan Mandiri yang diduga mempekerjakan TKA ilegal.
“Saya dapat informasi dari masyarakat, kalau ada perusahaan tambang yang telah mempekerjakan warga negara asing. Namun, sampai saat ini perusahaan tersebut belum melapor kepada kami,” ujar Kepala Bidang Penempatan dan Perluasan Kerja Disnakertrans Kolaka, La Ode Rahmat.
Menurutnya, dengan beroperasinya PT. Mapan Mandiri yang bergerak di bidang pertambangan tersebut, setidaknya akan membawa dampak positif, karena mengurangi pengangguran. Akan tetapi, perusahaan tersebut tidak transparan pada pemerintah saat merekrut tenaga kerja asing.
“Saya kecewa mengapa PT. Mapan tidak melaporkan TKA-nya? Padahal masalah itu bisa timbul, jika tidak ada ketransparanan dalam rekrut tenaga kerja asing,” katanya.
Menyikapi permasalahan tersebut, Nakertrans Kolaka langsung menyurati PT Mapan untuk melaporkan kegiatan dan maksud kedatangan para warga negara asing (WNA) itu ke Bumi Mekongga. Sayangnya, hingga kini perusahaan yang beroperasi di desa Sopura, kecamatan Pomalaa itu belum merespon surat dari Disnakertrans.
“Kami sudah menyurat bulan Juli lalu, tapi sekarang belum ada responnya. Sehingga dalam waktu dekat kami akan kembali menyurati pihak perusahaan, untuk melaporkan kegiatan para WNA itu,” ungkapnya.
Rahmat menambahkan, hingga saat ini pihaknya juga belum mengetahui asal negara ke 26 WNA itu. Alasanya, pihaknya belum melakukan tinjauan ke lapangan. “Kami tidak tahu, apakah para WNA itu berasal dari Cina atau Korea, karena kami belum pernah turun ke lapangan dan juga belum melihat paspor ataupun visanya,” tuturnya. (hud)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top