Kondisi Jalan Buruk, Jalan di Oneeha Dirabat Beton – KOLAKA POS

KOLAKA POS

SAFARI DESA

Kondisi Jalan Buruk, Jalan di Oneeha Dirabat Beton

KOLAKA POS, KOLAKA – Buruknya kondisi jalan di Desa Oneeha Kecamatan Tanggetada nampaknya telah menjadi keluhan seluruh warga di desa itu. Kondisi jalan yang berlubang dan berdebu pada musim kering, lebih diperparah saat musim hujan tejadi, lantaran hampir seluruh badan jalan dipenuhi dengan kubangan air yang menyulitkan setiap pengendara melaluinya karena kondisinya sangat licin. Akibat hal itu, Pemerintah dan masyarakat di desa itu bersepakat untuk memasukkan perbaikan jalan tersebut dalam rencana kerja yang dianggarkan melalui dana desa tahun ini.

Kepala Desa Oneeha, Hj. Darni Susanti yang ditemui mengatakan bahwa sebagai ujung tombak Pemerintah Daerah Kabupaten Kolaka di tingkat paling bawah, upaya pihaknya dalam mendorong peningkatan pembangunan di daerah ini, mutlak dilakukan, sebab dukungan Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah Kabupaten Kolaka melalui dana yang bersumber dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes, PDT dan Trans) Republik Indonesia sebesar kurang lebih 600 juta rupiah per desa, sekitar 60 persen dari dana tersebut telah digunakan dalam membiayai beberapa pembangunan infrastruktur desa seperti Pembuatan Jalan Rabat Beton serta Pembangunan Talud penahan gelombang pantai dan penimbunannya. Bukan hanya itu, melalui alokasi dana desa (ADD) yang bersumber dari APBD Kolaka sebesar kurang lebih 700 juta rupiah sekitar 25 persen dari dana tersebut juga telah dimanfaatkan dalam membiayai insentif aparat desa selama triwulan pertama tahun ini.

“Untuk dana desa, kami juga telah mengerjakan peningkatan jalan dusun dengan konstruksi rabat beton dengan panjang 100 meter, lebar 3 meter dengan ketebalan 20 cm yang terletak di dusun 2,” terang Kepala Desa Oneeha Hj. Darni

Diterangkannya bahwa jalan tersebut dibangun lantaran selama ini kondisinya sangat sulit dilalui oleh kendaraan karena selain berlubang, badan jalan juga telah menyempit akibat gerusan air saat musim hujan. Bersukur kata dia, dengan adanya alokasi dana desa dan ADD tahun ini, beberapa usulan dari warga tentang pembangunan infrastruktur yang dianggap sangat prioritas telah kita bangun.

“Peningkatan kapasitas jalan dengan konstruksi rabat beton ini dilakukan agar kondisi jalan yang selama ini rusak dapat digunakan oleh warga dengan nyaman tanpa adanya lumpur saat musim penghujan atau berdebu saat musim kemarau. Wal hasil setelah dikerjakan jalan tersebut telah dapat dimanfaatkan dengan baik oleh warga. Dengan selesainya pengerjaan jalan sekarang warga tidak lagi merasakan kesulitan melewati jalan ini,”kata Kepala Desa perempuan di Kolaka ini (cr3/b/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top