Tiga Dusun di Puubenua Kolaka Minim Air Bersih – KOLAKA POS

KOLAKA POS

BERITA UTAMA

Tiga Dusun di Puubenua Kolaka Minim Air Bersih

 

 pembangunan sumur bor di Desa Puubenua saat ini telah dialirkan ke rumah warga termasuk ke sarana rumah ibadah. FOTO : Hasrul/Kolaka Pos

pembangunan sumur bor di Desa Puubenua saat ini telah dialirkan ke rumah warga termasuk ke sarana rumah ibadah. FOTO : Hasrul/Kolaka Pos

KOLAKA POS, KOLAKA Sebagai salah satu desa yang berada di punggung bukit Baula, menjadikan Desa Puubenua Kecamatan Baula kesulitan air bersih. Akibatnya sejumlah warga di desa itu terpaksa mengandalkan sumber air yang ada, meski berjarak sedikit jauh dari tempat mereka. Dari empat dusun yang ada di desa itu, tercatat ada tiga dusun yang perlu mendapat perhatian pemerintah akan ketersediaan kebutuhan vital bagi warga di desa itu. Dusun tersebut adalah dusun 1, dusun 2 dan dusun 3.

Kepala Desa Puubenua, Musakkir yang ditemui mengaku jika ketiga dusun yang ada di desanya itu memang mengalami kondisi minim air bersih. Di dusun tersebut kata dia, warga hanya mengandalkan sumur warga yang kebetulan memiliki cadangan mata air di sekitar rumahnya. Hanya saja mata air di dusun tersebut tidaklah banyak sehingga keinginan warga untuk membuat sumur, baik sumur gali maupun sumur bor menjadi terbatas.

“Selain cadangan sumber air memang sedikit, keterbatasan ekonomi warga kami juga menjadi salah satu alasan sulitnya mendapatkan air bersih secara memadai. Jadi bagi warga yang ingin mendapatkan air bersih untuk kebutuhan sehari hari, mereka harus menggunakan sumur warga lainnya meskipun berjarak sedikit lebih jauh. Dengan kondisi tersebut, peran pemerintah dalam memberikan pelayanan untuk pemenuhan kebutuhan warganya sangat diharapkan di desa ini,” kata Musakkir.

Beruntung kata dia, seiring dengan kucuran anggaran Dana Desa dan Dana Alokasi Desa, tahun ini Pemerintah telah membangunkan tiga unit sarana air bersih di tiga dusun tersebut.

“Melalui dana desa, saat ini ketiga dusun tersebut telah dibangun sumur bor yang telah dimanfaatkan oleh warga. Bahkan selain ke rumah warga, keberadaan sumur tersebut juga telah dimanfaatkan oleh warga ditempat sarana ibadah, sebab bagaimanapun rumah ibadah seperti mesjid sangat membutuhkan air bersih bagi jemaah yang akan melaksanakan ibadah,”terang Kades Puubenua dua periode ini.

Dirinya berharap, kedepan keterbatasan warga akan minimnya air bersih di daerahnya itu dapat menjadi perhatian bagi pemerintah untuk pembangunan sarana air bersih yang lebih besar, sehingga dapat benar benar dirasakan oleh warga secara menyeluruh. (cr3/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top