Main Pokemon Go Sambil Berkendara Bakal Ditilang – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Metro Kolaka

Main Pokemon Go Sambil Berkendara Bakal Ditilang

jalan-raya-jakarta-bogor-km-44_20151011_174938KOLAKA POS, KOLAKA – Meski game Pokemon Go belum di release di Indonesia, namun game tersebut mulai ramai dimainkan di kalangan masyarakat Kolaka. Permainan tersebut tidak hanya sekedar berjalan kaki saat mengoperasikannya, namun terkadang penggunanya memakai kendaraan bermotor, untuk mencari monster Pokemon hingga di jalan raya.

Olehnya itu, Satuan Lalulintas Polres Kolaka mengingatkan kepada penggemar game tersebut, untuk tidak mengoperasikan game Pokemon sambil berkendaraa. Sebab jika tetap ngotot main game sambil berkendara, maka polisi tidak akan segan-segan melakukan penindakan berupa tilang. Hal ini disampaikan Kasat Lantas Polres Kolaka, AKP Samsul Bahri, saat ditemui di ruang kerjanya kemarin (28/7).

Menurutnya, bermain game sambil berkendara sangat berbahaya bagi pengendara dan juga orang lain. “Memang game ini sudah mulai banyak yang gunakan, dan kalau sampai ada yang berkendara sambil bermain gametentu akan kami ambil tindakan, berupa tilang,” ungkap mantan Kasat Polair Polres Kolaka ini.

Mantan Kapolsek Wundulako ini menjelaskan, menggunakan Handphone saat berkendara, telah melanggar pasal 283 Undang-undang nomor 22 tahun 2009, tentang lalulintas dan angkutan jalan. ”Setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan, secara tidak wajar dan melakukan kegiatan lain atau dipengaruhi oleh sesuatu keadaan, yang mengakibatkan gangguan konsenterasi dalam mengemudi di jalan, akan dikenakan denda paling banyak Rp. 750 ribu atau pidana kurungan paling lama tiga bulan penjara, sebagaimana pasal 106 ayat (1) Undang-undang nomor 22 tahun 2009,” terangnya.

Olehnya itu, dia meminta kepada seluruh masyarakat di wilayah hukum Polres Kolaka, utamanya kepada pengendara agar penggunaan game tersebut dioperasikan secara bijak.

“Aturannya sudah jelas karena telah diatur oleh undang-undang lalu lintas dan angkutan jalan. Yang jelas jika melanggar larangan menggunakan Handphone saat berkendara, akan dilakukan tindakan berupa tilang,” ujarnya mengulang.

Sejauh ini kata dia, belum ada laporan adanya korban, terkait pengendara yang mengalami kecelakaan lalu lintas, akibat mengoperasikan game tersebut.
Namun ia berharap agar hal itu tidak sampai terjadi, olehnya dia meminta kepada masyarakat agar mematuhi peraturan lalu lintas.

“Kalau sampai saat ini, kami di Satlantas Polres Kolaka belum ada laporan masyarakat, yang mengalami kecelakaan akibat permaianan itu. Dan semoga tidak ada yang terjadi, karena bukan hanya pengendara, pengguna jalan yang lain pun bisa terkena imbasnya,” tandasnya. (cr1)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top