Koltim Akan Cetak Ribuan Hektar Sawah Baru – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Kolaka Timur

Koltim Akan Cetak Ribuan Hektar Sawah Baru

Net/Ilustrasi

Net/Ilustrasi

KOLAKA POS, TIRAWUTA – Niat Bupati Kabupaten Kolaka Timur Tony Herbiansyah bersama wakilnya Andi Merya Nur bakal menjadikan sebagai daerah agribisnis ataupun penghasil beras terbesar di Sulawesi Tenggara akan segera terwujud. Pasalnya, dalam waktu dekat ini, Koltim akan kembali mencetak ribuan hektar sawah baru.
Kepala Bapedda Kabupaten Koltim Mustakim Darwis mengatakan, ribuan sawah yang akan dicetak berada di Kecamatan Uluiwoi Desa Tongauna. Bahkan, saat ini sementara dalam proses penggalian bendungan untuk mengairi persawahan.

Pembangunanan bendungan tersebut multiyears. Namun kemungkinan besar, pada tahun ketiga sudah bisa menikmati sawah yang di peruntukan nanti. “Percetakan sawah baru ini sekitar 3. 065 hektar, ” jelasnya.

Ia juga mengatakan, dari jumlah sawah tersebut kemungkinan besar tidak hanya diperuntukan bagi masyarakat lokal. Namun tidak menutup kemungkinan ada warga transmigrasi. Sebab, di lokasi persawahan tersebut khususnya Desa Tongauna, merupakan pusat dari transmigrasi yang saat ini sudah mulai berbenah.

“Saya prediksi, Desa Tongauna beberapa tahun kedepan akan lebih maju. Sebab, di sana akan menimbulkan berbagai macam hasil bumi. Mulai dari pertanian dan perkebunan hingga sektor lainnya. Maka perputaran ekonomi di wilayah sana akan meningkat. Selain itu, masyarakat banyak yang akan berdatangan, ” jelasnya.

Untuk itu katanya, dengan adanya percetakan sawah baru nanti, secara otomatis akan menurunkan tingkat ilegal loging yang selama ini memang marak pada wilayah tersebut. Sebab, masyarakat disana akan memiliki sawah baru untuk di olah, sehingga mereka akan berpikir panjang untuk melakukan ilegal loging.

“Pasti warga akan berpikir untuk melakukan ilegal loging. Sebab, jika itu tetap akab dikukan, bisa mengancam mata pencaharian mereka, khususnya di persawahan, ” tandasnya. (ing)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top