Jika Calon Haji Dibantu Pemkab 193 Juta – KOLAKA POS

KOLAKA POS

BERITA UTAMA

Jika Calon Haji Dibantu Pemkab 193 Juta

Suasana kegiatan manasik haji di masjid agung Kolaka.FOTO :  Dadang KoP

Suasana kegiatan manasik haji di masjid agung Kolaka.FOTO :  Dadang KoP

KOLAKA POS, KOLAKA – Wakil Bupati Kolaka Muh. Jayadin memberikan informasi bahwa untuk tahun 2016 ini pemerintah Kolaka telah mengalokasikan anggaran Rp193 juta untuk jamaah calon haji Kolaka. Bantuan tersebut memang agak menurun dibandingkan dengan taun 2015 lalu yang mencapai Rp200 juta rupiah. “Tahun ini memang kita berikan bantuan kepada 193 orang jamaah calon haji Kolaka, dan acara yang berlangsung perdana ini adalah kegiatan manasik calon haji Kolaka. Alhamdulilah semuanya berjalan dengan lancar,” ujar Jayadin

Lanjut Jayadin pemerintah Kolaka hanya berpesan kepada para calon jamaah haji untuk selalau menjaga kesehatan. Selain rohani yang jasmani juga sangat penting dalam pelaksanaan ibadah haji. “Jagalah kesehatan, makan dan istirahatlah yang cukup agar semua proses menuju baitullah berjalan lancar tidak ada kekurangan suatu apapun. Untuk peserta manasik haji diharapkan memperhatikan arahan pemerintah dan instruktur serta ketua rombongan. Jangan coba-coba untuk egois dan jalan sendiri, kita ini dai Kolaka merupaka masyarakar yang taat,”tambahnya.

Semetara itu Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Agus Ramadhan mengatakan ada 193 Calhaj Kolaka Manasik di Masjid Agung kemarin (27/7). Tahun ini Manasik haji dibagi di dua lokasi, yakni tingkat kabupaten dan kecamatan. “Adapun manasik haji pertama ditingkat kabupaten, dilakukan 2 hari dengan 4 kali pertemuan. Sedangkan manasik di kecamatan selama 4 hari dengan 8 kali pertemuan.” katanya.

Kata Agus, kegiatan manasik sangat penting karena jamaah nantinya akan dijelaskan terkait masalah kesehatan, keselamatan penerbangan, pembentukan kloter, dan pemantapan manasik qalbu. Serta hukum-hukum terkait syarat sahnya ibadah haji.“ Tujuan manasik ini kan untuk mengajarkan mana yang wajib dan haram dalam ibadah haji calon jamaah haji Kabupaten Kolaka akan diberangkatkan pada 30 Agustus 2106 mendatang bersama dengan calon jamaah haji asal kabupaten Bombana, Wakatobi dan Kolaka Timur. Mereka semuanya tergabung dalam kloter 21, pungkasnya(hud/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top