Desa Torotuo Wakili Kolut Lomba P2WKSS – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Kolaka Utara

Desa Torotuo Wakili Kolut Lomba P2WKSS

ok wakiliKOLAKA POS, LASUSUA – Desa Torotuo Kecamatan Rante Angin Kabupaten Kolaka Utara menjadi desa binaan Keluarga Badan Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (BKBPP) untuk mengikuti lomba Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) tingkat provinsi yang akan digelar Jumat (26/9) mendatang.

Kepala Bidan Pemberdayaan Perempuan Indah Multia mengatakan, setiap tahun diadakan lomba yang mewakili Kolaka Utara namun bergilir dari daerah pesisir kedaerah pegunungan agar desa yang memewakili bisa merata.

“P2WKSS tahun lalu kita juara satu tingkat provinsi yang mewakili desa pesisir yakni desa Sarona Kecamatan Watunohu, namun tahun ini kita fokus ke desa pegunungan,” ujarnya.

Lanjut dia katakan, sebelum menentukan desa yang akan mengikuti lomba tersebut, pihaknya melakukan peninjauan disektor apa yang bisa dikembangkan khususnya para ibu yang memiliki kreatifitas.

“Setelah kita melakukan peninjauan, maka kita pilih desa Torotuo karena dikenal produksi pisang atau sukun, dengan itu kita melatih para ibu sehingga punya keterampilan untuk mengolahnya menjadi makan atau cemilang yang bisa dipasarkan,” terangnya.
Menurut Indah, setelah adanya produksi pihak akan bantu pemasaran sehingga bisa terus berkelanjutan dan bisa di contoh untuk desa-desa yang lain. “Karena P2WKSS bukan dilihat dari fisik, tapi kemandirian sumber daya manusia terutama ibu-ibu di desa tersebut bisa berguna,” ujarnya.

Dirinya berharap, melalui P2WKSS desa tersebut menjadi program berkelanjutan sesuai harapan.“Kita berharap ditahun ini bisa lagi meraih juara satu ditingkat provinsi seperti tahun lalu,” bebernya. (k2)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top