Cegah Abrasi di Pemukiman Warga, Desa Oneeha Bangun Tanggul Penahan Gelombang Laut – KOLAKA POS

KOLAKA POS

SAFARI DESA

Cegah Abrasi di Pemukiman Warga, Desa Oneeha Bangun Tanggul Penahan Gelombang Laut

20160518_125550 (1)

Tampak salah satu permukiman warga yang berada di pesisir pantai yang telah dibangun talud penahan gelombang.FOTO : Hasrul/ Kolaka Pos

KOLAKA POS, KOLAKA – Tingginya potensi terjadinya abrasi pantai yang terjadi di permukiman warga dusun 2 Desa Oneeha Kecamatan Tanggetada menjadikan salah satu penyebab Pemerintah di desa itu untuk membangun tanggul penahan gelombang air laut. Pasalnya di desa tersebut hampir sebagian besar permukiman warga berada di tepi laut, sehingga besarnya gelombang laut yang masuk ke permukiman warga menjadi salah satu masalah harus diatasi.

Kepala Desa Oneeha, Hj. Dari Susanti yang ditemui menjelaskan bahwa Sebagai salah satu daerah yang terletak di pesisir pantai, salah satu ancaman terbesar yang dirasakan oleh warga adalah terjadinya banjir rop (banjir air laut) yang masuk ke permukiman warga. Bukan hanya itu, berkurangnya wilayah daratan yang hanyut ke laut juga menjadi salah satu musibah yang dapat yang harus diantisipasi. Dengan alasan tersebut kata dia, menjadi alasan bagi Pemerintah Desa Oneeha dalam membangun tanggul di desanya.

“Talud yang kami bangun saat ini sepanjang 48 meter dari target yang ada dalam rencana kerja dan anggaran, namun dilapangan yang kami sudah selesaikan sepanjang 51 meter dimana selebihnya merupakan swadaya dari warga dan pemerintah desa. bangunan ini akan berfungsi sebagai penghalang ombak dari laut yang selama ini banyak merusak badan jalan dan masuk kepermukiman dusun warga,”kata Hj. Ratni.

Selain Talud kata Kades Oneeha, di tempat tersebut juga dilakukan urugan tanah dengan menimbun tepi talud yang dibangun itu.

“Sebenarnya pembangunan talud pantai seperti ini telah kami lakukan pada tahun lalu, namun mengingat keterbatasan anggaran saat itu, maka pembangunannya kembali kami lanjutkan pada tahun ini melalui anggaran dana desa pada pencairan tahap pertama. Alhamdulillah saat ini pembangunannya juga telah rampung. Kami bersyukur dengan adanya perhatian pemerintah pusat dan Pemda Kolaka terhadap pembangunan di pedesaan wilayah yang selama ini membutuhkan anggaran untuk diperbaiki sedikitnya bisa dilakukan,”tandas Kades Oneeha. (cr3/hen)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top