Air Limbah Warga Picu Genangan Air di Desa Oneeha – KOLAKA POS

KOLAKA POS

SAFARI DESA

Air Limbah Warga Picu Genangan Air di Desa Oneeha

Kades : Jika Dibiarkan Aspal Jalan Poros akan Rusak

 


KOLAKA POS, KOLAKA – 
Akibat fungsi saluran air yang selama ini tidak maksimal membuat sejumlah rumah warga di Desa Oneeha Kecamatan Tanggetada menjadi langganan genangan air. Penyebabnya bukan hanya karena tingginya curah hujan, namun juga dipicu akibat air limbah rumah warga yang tidak mengalir ketempat semestinya. Hal ini kemudian diperparah akibat minimnya saluran drainase yang ada di desa itu. Kondisi seperti ini pun menjadi salah satu masalah yang dikeluhkan oleh warga. Dengan dasar itulah, Pemerintah Desa Oneeha kemudian berinisiatif dalam membangun saluran drainase di wilayahnya agar genangan air yang selama ini menjadi langganan di desa tersebut dapat teratasi.

“Khususnya di Dusun 1, tahun ini kami mengerjakan pembangunan drainase sepanjang 100 meter sebab saluran air ditempat tersebut memang belum ada, akibatnya meskipun sudah seminggu habis hujan, airnya masih tergenang, apalagi air limbah dari rumah tangga warga juga tidak mengalir, jadilah tempat tersebut seperti kubangan air. Inilah yang kemudian menjadi alasan kenapa kami membangun drainase di dusun ini,”kata Kepala Desa Oneeha, Hj. Dari Susanti kepada Kolaka Pos.

Selain terlihat kumuh, genangan air kata Hj. Darni juga dapat membuat rusaknya badan jalan, sebab jika genangan air tersebut terus menerus terjadi maka dapat memicu tergerusnya tepi jalan yang sudah diaspal selama ini. Sebab lokasi tersebut terdapat di jalan utama yaitu jalan poros Tanggetada-Boepinang.

“Beruntung tahun ini melalui dana desa yang dikucurkan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia yang dialokasikan untuk pembangunan infrastruktur desa telah digunakan dalam membangun beberapa item pembangunan yang dianggap prioritas selama ini. Selain dana tersebut, Pemerintah Daerah Kabupaten Kolaka juga memberikan anggaran Alokasi Dana Desa (ADD) yang sangat membantu peningkatan pembangunan dan pelayanan pemerintahan di setiap desa di Kabupaten Kolaka,”kata salah satu Kades Perempuan di Kolaka ini. (cr3/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top