HAM Sultra Kritik Kejari Muna tak Transparan – KOLAKA POS

KOLAKA POS

BERITA UTAMA

HAM Sultra Kritik Kejari Muna tak Transparan

KOLAKA POS, RAHA – Siapa sangka, statement “Intruksi Presiden RI nomor 1 dan 3 yang dikemukakan Kejaksaan Negeri (Kejari) Muna Badrut Tamam untuk menutup informasi publik terkait dugaan kasus korupsi yang sementara mereka tangani itu, kini menuai kritikan. Pasalnya, kritikan tersebut keluar dari mulut Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Sugeng Djoko Susilo.
Kajati Sultra itu mengingatkan Kejari Muna agar tidak mengulanginya. Sebab sebagai lembaga Publik menurutnya Kejati atau Kejari harus memberikan informasi yang trasparan sesuai dengan undang-undang No 14 tahun 2008 dan Peraturan Presiden Nomor 61 tahun 2010.
Kritikan keras juga dilontarkan Ketua Bidang Advokasi Hukum dan HAM Sultra La Ode Alfaan menurutnya, Kejari Muna sebagai lembaga penyelenggara Negara harus transparan dalam memberikan informasi ke publik, apalagi menyangkut masalah korupsi.
“Intruksi Presiden itu tidak benar sama sekali. Tidak benar. Untuk apa tidak dipublikasikan? Nah sementara ini (korupsi) kejahatan kok,” ujar La Ode Alfaan pada Kolaka Pos Selasa (26/7)
Lanjut LSM Bidang Advokasi Hukum dan HAM Sultra itu “Kasus di Jakarta pun tidak ada yang di sembunyikan. Kasus-kasus yang menyangkut kepentingan Negara kita. Itu diangkat langsung oleh KPK. Tidak ada yang mengatakan undang-undang atau intruksi presiden. Tidak ada itu. Walau pun ada tapi dalam skala apa dulu,” katannya.
Olehnya itu, sebagai lembaga kontrol penyelenggara Negara Ia berharap Kejari Muna dapat menjalankan undang-undang secara murni yang berpegang teguh dengan nilai-nilai keadilan. Selain itu, Ia menegaskan LSM akan mengumpulkan data-data dugaan kasus korupsi yang terjadi di Kabupaten Muna dan akan mereka kirim data tersebut ke Jakarta
“Kami akan mengumpulkan data, walaupun kejaksaan tidak angkat ke permukaan, kami akan kirim ke pusat itu. Kita angkat ke permukaan, supaya memang ada oknum jaksa-jaksa yang nakal itu akan kami musnahkan,” tandasnya. (m1/hen)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top