11 Desa Usulkan Pemekeran – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Metro Kolaka

11 Desa Usulkan Pemekeran

Net/Ilustrasi

Net/Ilustrasi

KOLAKA POS, KOLAKA – Sejumlah desa yang ada di Kolaka mengajukan usulan pemekaran wilayahnya. Hingga saat ini tercatat sebanyak 11 desa dari beberapa kelurahan di Kolaka telah mengajukan usulan ke Pemerintah Daerah (Pemda) Kolaka untuk mengajukan pemekaran desa.
“Yah memang saat ini ada 11 desa yang sudah mengusulkan untuk pemekaran. Bahkan, kami saat ini sedang mengkaji usulan pemekaran tersebut,” ungkap Kepala Bidang Pemerintahan Desa BPMPD Kolaka, Abdullah Badi kepada Kolaka Pos kemarin.

Lanjut ia mengatakan, saat ini proposal pemekaran desa dan kelurahan sudah masuk di BPMPD Kolaka. Adapun keluarahan yang diusulkan akan mekar yaitu Kelurahan Tosiba, Desa Sani-Sani, kelurahan Watubangga, kelurahan Tandebura, Kelurahan Anewoi, kelurahan 19 November, kelurahan Latambga, Mangolo, Ulunggolaka, Pelambua, kelurahan Ulu Wolo. “Prosesnya masih lama, namun kami akan terus berupaya untuk mempercepat pemekaran wilayah yang ada di Kolaka. Syarat pasti ada yaitu penduduk minimal 250 kepala keluarga,” tambahnya

Lanjut ia mengatakan, nantinya setelah proses administrasi selesai maka akan ada tim gabungan yang akan melakukan survei lokasi. “Tim verifikasi tersebut nantinya akan terdiri dari akademisi dan DPRD dan lainya. Semua pemekaran yang ada di Kolaka usulan saat ini masih ditampung di BPMPD Kolaka. Pasalnya jangan sampai ada desa atau kelurahan yang akan mengusulkan untuk pemekaran. Jumlah 11 Desa atau kelurahan itu belum pasti karena jangan sampai ada lagi yang mengusulkan nantinya, ” paparnya.

Untuk proses pemecahan desa atau kelurahan itu sebenarnya tidak bisa diprediksi namun belajar dari proses pemekaran sebelumnya membutuhkan waktu dua atau tiga tahun untuk menjadi defenitif. “Sebelum menjadi desa defenitif desa itu harus mempersiapkan semua perlengkapan mulai dari akses jalan terutama adalah fasilitas untuk kantor. Nanti tim surfei yang akan menilai apakah desa ini layak mekar atau tidak. Kalau pemekaran Ada dua alasan yaitu yang paling penting adalah alasan pendekatan pelayanan terhadap pemerintah. Kita ini aparatur negara adalah pelayan masyarakat, ” tandasnya. (hud)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top