Pencairan DD Konsel Akhir Juli Rampung 100 Persen – KOLAKA POS

KOLAKA POS

BERITA UTAMA

Pencairan DD Konsel Akhir Juli Rampung 100 Persen

KOLAKA POS, ANDOOLO – Penyerapan anggaran Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) 2016 Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), tahap pertama sudah mencapai 100 persen hal tersebut diungkapakan langsung oleh Syaifullah Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Pemerintah Desa (BPMD-PD) Konsel.

“Untuk Juni kemarin sebanyak 204 atau 71,2 persen Desa yang sudah melakukan pencairan, dan alhamdulillah sisanya Juli per-tanggal 25 itu akan diselesaikan,” katanya.

Untuk tahap pertama ini, lanjut dia pencairan DD sebesar 60 persen dengan total keseluruhan Rp. 163 Miliar, sementara untuk tahap kedua pencairannya sisa 40 persen.

“Pecairan tahap kedua 40 persen terhitung September hingga Desember 2016,” terangnya.

Lebih lanjut dijelaskan peruntukkan DD ini yang bersumber dari APBN terbagi dua bidang, yakni untuk pemberdayaan masyarakat dan pembangunan Desa.

“Sedangkan untuk ADD yang bersumber dari APBD Kabupaten peruntukanya meliputi empat bidang, yakni penyelenggaraan pemerintahan Desa, pembangunan Desa, pemberdayaan masyarakat Desa dan pembinaan kemasyarakatan,” jelasnya.

Dia menambahkan dari DD dan ADD ini, sudah terlihat dilapangan bahwa perputaran uang di Desa sudah berjalan sesuai dengan peruntukkannya, baik fisik maupun non fisik.

“Bahkan 85 Desa yang baru dilantik kemarin, juga sudah melaksanakan kegiatan di Desa masing-masing, karena sebelumnya Pj Desa tidak bisa mencairkan DD,” ungkapnya.

Untuk itu hak Pj Desa selama Januari hingga Juni, baik PKK, biaya belanja operasional Desa, dan tunjangan Kepala Desa (Kades) harus dibayarkan.

“Pj Kades ini tidak mendapatkan gaji, karena mereka adalah PNS sehingga tunjangannya harus dibayarkan, selanjutnya dilaksanakan oleh Kepala Desa devenitif. Bahkan saat ini pun Pj Kades tidak ada yang komplen,” imbuhnya.

Syaifullah berharap, pemerintahan yang sudah berjalan satu tahun kepemimpinan Bupati Surunuddin Dangga, bisa berkesinambungan, disiplin, bermoral dan perlu diketahui untuk semua desa, semakin tinggi anggaran DD dan ADD yang dikelola semakin tinggi pula sistem pelaporannya. (k5/hen)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top