Kemendag Periksa Alat Ukur Pasar Kolaka – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Metro Kolaka

Kemendag Periksa Alat Ukur Pasar Kolaka

 foto bersama Tim evuasi Kementerian Perdagangan RI dengan UPTD Mertologi Kolaka, serta petugas Pasar Lamekongga Wundulako setelah melakukan penilaian di pasar Lamekongga kecamatan Wundulako.FOTO : Dadang/Kolaka Pos

foto bersama Tim evuasi Kementerian Perdagangan RI dengan UPTD Mertologi Kolaka, serta petugas Pasar Lamekongga Wundulako setelah melakukan penilaian di pasar Lamekongga kecamatan Wundulako.FOTO : Dadang/Kolaka Pos

KOLAKA POS, KOLAKA – Guna mengetahui alat ukur yang digunakan pedagang, tim Kementerian Perdagangan (Kemendag) melakukan evaluasi alat ukur atau timbangan di Pasar Raya Mekongga, Pasar Dawi-Dawi dan Pasar Lamekongga akhir pekan lalu.
Tim Evaluasi Kemendag RI, Baharuddin mengatakan, tujuan penilaian ini adalah meningkatkan tertib ukur di Indonesia dam terutama di kabupaten Kolaka. Selain itu,
kegiatan yang dilakukan adalah untuk memberikan penilaian kepada tiga pasar yang diusulkan sebagai pasar tertib ukur. “Kami datang di Kolaka tiga orang dan telah melakukan penilaian di dua pasar yaitu Pasar Raya Mekongga kolaka dan pasar Lamekongga Wundulako. Jadi kita memberikan jaminan bagaimana timbangan yang benar. Kalau di dapatkan timbangan yang tidak cukup maka UPTD Mertologi akan langsung ditarik,” ujarnya.
Ia menambahkan, untuk hasil penilaian itu masih rahasia karena masih dibawa ke Jakarta. Nanti Dinas Koperindag melalui UPTD Metrologi akan mendapat tembusan hasil penilaian tiga pasar di Kolaka. “Belum bisa kita sampaikan, karena harus dibawa ke Jakarta. Tunggu saja, nanti UPTD Metrologi yang akan disampaikan hasilnya,” tandasnya.

Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kolaka (Diskoperindag) Kolaka, Hj. Asmani Arif menjelaskan, saat ini tim penilai dari Kemendag RI telah melakukan penilaian di tiga pasar yang akan di tetapkan sebagai pasar tertib ukur. “Tim yang datang dari Kemendag RI tiga orang. Merekamelakukan penilaian di tiga pasar yaitu Pasar Mekongga Kecamatan Kolaka, pasar Lemekongga kecamatan Wundulako dan pasar Dawi-Dawi Kecamatan Pomalaa,” ujarnya.

Lanjut ia mengatakan, penilaian ini dilakukan untuk mengetahui kejujuran para pedagang yang ada di tiga pasar tersebut. “Kami selalu berupaya untuk mengupayakan pedagang untuk tidak curang kepada konsumen. Harapan kami adalah tiga pasar memenuhi syarat sebagai pasar tertib ukur,” tandasnya. (hud)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top