Dinonjob Pegawai KUA Pungli – KOLAKA POS

KOLAKA POS

BERITA UTAMA

Dinonjob Pegawai KUA Pungli

 

Kakandepag : Gratis Nikah di KUA Konawe

KOLAKA POS, UNAAHA – Demi menjaga nama baik departemen agama (depag) kabupaten Konawe, bagi pegawai yang kedapatan melakukan pungutan liar (pungli) terhadap warga yang akan melakukan pengurusan nikah di kantor urusan agama, maka sangsinya dinonjob bahkan gaji pegawai akan dipotong

Perlu diketatahui sejak Oktober tahun 2014, segala pengurusan nikah sama sekali tidak dikenakan tarif, atau sumbangan kepada pegawai KUA dalam bentuk apapun. Hal tersebut diungkapkan kepala kantor departemen agama (kandepag) Konawe, Muh. Natsir. Dia megatakan bahwa depag sejak oktober 2014 tidak memungut kepada pasangan yang akan melakukan akad nikah di KUA demikian juga dengan buku nikah.
” Peraturan nikah gratis di Kantor Urusan Agama (KUA) sudah lama kita laksanakan. Untuk itu jika ada KUA di Kabupaten Konawe khususnya di kecamatan yang melakukan pungutan terhadap warga yang akn melakukan akad nikah maka kami tidak segan-segan memberikan sangsi. Sangsinya dinonjob dan.pengurangan gaji” katanya

Menyinggung nikah diluar KUA, dia mengatakan, biaya akan dikenakan warga yang akan nikan jika proses akad nikah dilangsungkan diluar kantor KUA, dan besaran biaya akan dikenakan sebesar 600 ribu rupiah dan dana ini akan dimasukan ke kas negara.

” Biasanya warga meminta prosesi nikah dilakukan di rumah mempelai, jika nikah dilakukan di luar KUA atau di rumah tempat melangsungkan pernikahan maka pihak keluarga akan dikenakan tarif sebesar 600 ribu rupiah, dan uang ini bukan untuk pegawai KUA melainkan akan dimasukan ke kas negara” terangnya.

Sementara untuk buku nikah, Natsir menyampaikan bahwa buku nikah di depag Konawe masih aman. ” Sampai saat ini stok buku nikah di kantor depag masih cukup untuk melayani warga yang akan melakukan akad nikah,” tutupnya. (m4/hen)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top