BUMDes Tambea Kelola Usaha Pelelangan Ikan – KOLAKA POS

KOLAKA POS

SAFARI DESA

BUMDes Tambea Kelola Usaha Pelelangan Ikan

111111111111

Kepala Desa Tambea, Muslipang Nawir saat ditemui di permukiman warga Tambea (Foto : Hasrul / Kolaka Pos)

KOLAKA POS, KOLAKA – Ditunjang dengan perairan laut yang cukup luas di daerah itu, membuat pengelolah Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Desa Lalonggolosua Kecamatan Tanggetada memilih mengelolah usaha mereka di bidang kelautan. Salah satunya adalah dengan menjadi melaksanakan usaha pelelangan ikan dari hasil tangkapan nelayan di desanya.

Kepala Desa Tambea, Muslipang Nawir mengatakan bahwa salah satu tujuan terbentuk nya BUMDes di tingkat desa adalah mengupayakan peningkatan ekonomi bagi masyarakat desa dengan melalui pola pemberdayaan masyarakat. Usaha ini BUMDes ini diaktualisasikan melalui beberapa usaha yang sesuai dengan karakter masyarakat dan sumber daya alam yang ada di desa itu.

“Karena kami di Desa Tambea ini memiliki sumber daya alam laut yang cukup diandalkan bagi warga utamanya nelayan, maka dengan dasar itu Pemerintah Desa, pengurus BUMDes dan masyarakat bersepakat mengelola kegiatan pelelangan ikan dari nelayan yang kemudian kembali dijual kepada masyarakat yang ingin membeli ikan tersebut. Jadi sifatnya BUMDes disini bertindak sebagai pedagang perantara. Dari hasil tersebut BUMDes mendapatkan kelebihan harga penjualan yang kemudian dijadikan sebagai aset BUMDes,” kata Muslipang.

Kades baru Tambea ini menambahkan bahwa selain usaha pelelangan ikan, BUMDes di desanya itu juga mengelolah budi daya hasil laut lainnya seperti usaha budi daya merambah ikan dan teripang.

‘BUMDes ini juga nantinya mengelolah usaha budi daya merambah ikan dan teripang dimana daerah ini pernah menjadi penghasil ikan kerapu dan teripang terbaik di Sulawesi Tenggara (cr3/hen)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top