Optimis 14 Cabor Raih Medali di PON – KOLAKA POS

KOLAKA POS

KOTA KENDARI

Optimis 14 Cabor Raih Medali di PON

KOLAKA POS, KENDARI – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sultra, telah menetapkan 14 Cabang Olahraga (Cabor) yang akan berlaga di Pekan Olahraga Nasional (PON), yang bakal berlangsung di Bandung Agustus mendatang.
Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sultra, Tasman Taewa mengungkapkan, tahun ini yang lulus di PON ada 24 Cabor. Namun, setelah diverifkasi oleh tim KONI yang terjaring tinggal 14 Cabor.
“Biar bicara apa kalau tidak mendapatkan medali itu bukan prestasi namanya. Sehingga tim verifikasi mulai melihat yang mempunyai peluang yang bisa dapat medali,” ungkapnya saat ditemui di ruangannya, Kamis (21/7).
Tasman sapaan akrabnya menambahkan, tim KONI mulai menyusun kriteria-kriteria untuk menetapkan siapa yang bisa ikut ke PON nanti. Salah satu kriterianya adalah yang sudah pernah mendapatkan prestasi atau medali apa saja, yakni perak, perunggu ataupun emas. “Inilah salah satu ukuran bahwa di PON nanti yang ikut bertanding bisa bersaing dengan tim lain, agar bisa mendapatkan medali,” katanya.
Ia menjelaskan, untuk Cabor perorangan yang bisa ikut ke PON itu kecuali yang berada di rangking lima atau enam nasional. Untuk beregu atau kelompok misalnya takraw berada di rangking empat nasional. “Sehingga kriteria itulah tim verifikasi KONI menetapkan bahwa yang berpeluang mendapatkan medali ada 14 cabor, yakni kempo, atletik, bulu tankis, menembak, tinju, gulat, karate, pencak silat, taekwondo, catur, takraw, biliar, dayung dan balap motor. Inilah Cabor yang diprediksi akan mendapatkan medali,” tuturnya.
Cabor yang akan ikut ke PON nantinya, kini difokuskan di Pusat Pelatihan Daerah (Pelatda).
“Harapan kita Cabor yang sudah masuk Pelatda, mereka itulah yang akan berangkat nanti. Untuk Cabor lain kalau mau berangkat silakan yang penting biaya sendiri, karena kita keterbatasan dana. Rencana keberangkatan atlet itu mulai tanggal 14, 15 hingga 16 Agustus. Namun, ada Cabor lain yang sudah berangkat duluan, yaitu catur, sementara Cabor dayung awal bulan Agustus akan diberangkatkan, untuk menyesuaikan lingkungan. Kemudian cabor-cabor lain akan menyusul,” tutupnya. (p2)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top