29 Penderita AIDS di Muna Meninggal – KOLAKA POS

KOLAKA POS

BERITA UTAMA

29 Penderita AIDS di Muna Meninggal

 

Net/Ilustrasi

Net/Ilustrasi

KOLAKA POS, RAHA – Dari 34 penderita penyakit Human Immunodeficiency Virus Acquired Immune Deficiency Syndrome (HIV-AIDS) yang terdata Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Muna, 29 orang diantaranya meninggal dunia. Hal tersebut dikemukakan oleh Kadinkes Muna La Ode Rimbasua.
Menurutnya, ke 29 korban tersebut merupakan jumlah akumulatif penderita HIV-AIDS yang terjadi sejak tiga tahun terakhir.
“Jadi, dari data ini yang meninggal pada 2014 terdapat 14 orang, 2015 itu 11 orang dan 2016 hanya dua orang,” katanya.
Menurutnya, penyakit menular berbaya tersebut masuk di Tanah Sowite lantaran dibawa oleh masyarakat yang melakukan perantauan di Negeri Jiran dan beberapa Kota di Indonesia
“Penyakit AIDS ini, dibawa oleh saudara kita yang pergi merantau di Malaysia, merantau di Kalimantan dan Irian. Jadi penyakit yang mereka dapat disana itu dibawa masuk kesini. Maka penularannya ini melalui seks bebas, melalui transfungsi darah, melalui jarum suntik, dan penularan pada bayi dari plasenta Ibu,” ujar La Ode Rimbasua pada Kolaka Pos Kamis (21/7)
Lanjut La Ode Rimbasua bahwa penyebab kematian penderita penyakit menular berbaya itu disebabkan oleh daya tahan tubuh mereka yang lemah. Akibatnya, berbagai penyakit dapat masuk kedalam tubuh penderita diantaranya TBC akut dan paru-paru.
Olehnya itu Ia menghimbau pada masyarakat untuk merubah gaya hidup yang tidak rasional menjadi rasional. Agar masyarakat dapat terhindar dari penyakit yang belum dapat disembuhkan tersebut.
“Jauhi Narkoba, hindarkan diri dari seks yang tidak rasional yaitu melakukan seks dengan bukan pasangan dan selalu berganti-ganti. Serta perkuat Iman dan taqwah kepada Allah SWT,” tandasnya
Senada dengan itu, ditempat yang sama Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit (P2P) Dinkes Muna Andi Asnawir mengatakan, ditahun ini, Dinkes Muna kembali menemukan dua orang positif tertular penyakit HIV-AIDS.
“Kegiatan rutin yang kita lakukan yakni zero survey pada musim mudik lalu, kita tangkap dua penderita positif HIV-AIDS,”katanya
Menurutnya, berbagai upaya dilakukan Dinkes Muna agar dapat menanggulagi penyebaran penyakit HIV-AIDS tersebut.
“Untuk penanggulangan penyakit ini, kita dari P2P Dinkes Muna bekerja sama dengan Komisi Perlindungan Anak Kabupaten Muna melakukan penyuluhan ke kelompok-kelompok usia remaja yakni SMP dan SMA. Selain itu, untuk penderita HIV-AIDS ini masih sementara kami melakukan pengobatan terhadap mereka,” tandasnya (m1)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top