Calon PAW Usulan KPU Ternyata Sudah Dipecat PPP – KOLAKA POS

KOLAKA POS

BERITA UTAMA

Calon PAW Usulan KPU Ternyata Sudah Dipecat PPP

KOLAKA POS, KENDARI – Reaksi KPU Kolaka yang menolak usulan PAW DPC PPP Kolaka terhadap mendiang Suaib Kasra, membuat ketua DPC PPP Kolaka, Najmuddin Haruna kebingungan. Menurutnya, mekanisme PAW yang seharusnya menjadi domain partai, kini coba diambil alih KPU Kolaka.

Menurut pria yang akrab disapa Jojon melalui sambungan selulernya, mekanisme PAW seharusnya partai mengajukan nama calon PAW kepada DPRD untuk selanjutnya diverifikasi KPU. Tapi yang terjadi pada PAW mendiang Suaib Kasra terang Jojon, KPU sudah bertindak diluar batasannya sebagai penyelenggara Pemilu, dengan mendorong nama pilihan KPU kepada DPRD untuk diverifikasi ulang partai. “Ini sangat bertentangan undang-undang dan peraturan KPU. Maka saya berharap selaku ketua DPC PPP Kolaka agar KPUD Kolaka bekerja sesuai aturan yang berlaku dan berpedoman dengan AD/ART partai,” ungkapnya.

Sebelumnya DPC PPP Kolaka mengajukan nama Hj. Saenab sebagai PAW Suaib Kasra, Wakil Ketua DPRD Kolaka yang meninggal beberapa waktu lalu. Tapi usulan itu ditolak KPU dengan alasan calon PAW tersebut tidak menduduki peringkat selanjutnya sebagai pengumpul suara terbanyak di Dapil yang sama dengan Suaib Kasra. KPU lalu mengusulkan nama Hj.Idawati yang menduduki suara terbanyak kedua sebagai calon PAW. Usulan dalam bentuk surat itu ditujukan kepada DPC PPP Kolaka. Surat usulan KPU tersebut terang Jojon, ditolaknya.

Penolakan tersebut karena Hj.Idawati saat ini sudah tidak tercatat sebagai kader PPP. Ia telah dipecat dari PPP berdasarkan surat Ketua Umum DPP PPP yang isinya memberhentikan dan menarik Hj.Idawati dari keanggotaan dan pengurus Partai Persatuan Pembangunan. “Maka dari itu, surat balasan yang pertama dari KPUD yang ditujukan ke DPRD dan DPC PPP Kolaka yang mengajukan calon PAW atas nama Hj.Idawati, saya tolak karena cacat hukum, melanggar perundang-undangan dan AD/ART partai,” terangnya.

Atas surat pertama KPU itu, DPC PPP Kolaka membalas dan mengirim surat kedua kalinya kepada DPRD dan diteruskan KPUD kolaka untuk mengklarifikasi surat KPUD nomor 071/kpu/026.433557/2016 yang mengajukan calon PAW atas nama Hj.idawati. “Kami PPP, berharap kepada KPU kolaka dengan surat kami yang kedua agar KPUD Kolaka menerima nama calon PAW yang diajukan partai PPP karena partai berpedoman dengan aturan perundang-undagan dan AD/ART,” tegasnya.

Saat ditelepon, Jojon tengah berada di kantor DPP PPP. Pada kesempatan itu, ia mempersilahkan Sekretaris Jendral DPP PPP Joko Purwanto untuk memberikan klarifikasi kepada Kolaka Pos terkait SK pemecatan Hj.Idawati. Anggota komisi VII DPR RI dari fraksi PPP itu membenarkan SK tersebut. “Iya, SKnya ada, Hj.Idawati, bukan lagi kader PPP sejak 2013, tepatnya sebelum Pilcaleg, meskipun saat Pilcaleg, ia sudah terlanjur ditetapkan pada Daftar Calon Tetap oleh KPU,” bebernya. (k1)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top