PAW Suaib Kasra Diproses – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Metro Kolaka

PAW Suaib Kasra Diproses

KOLAKA POS, KOLAKA – Pergantian Antar Waktu (PAW) almarhun H. Suaib Kasra, anggota DPRD Kolaka dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang meninggal dunia pada Juni lalu sudah berproses. Hal itu dibenarkan oleh Ketua DPRD Kolaka, Parmin Dasir ketika di konfirmasi kemarin.

“Iya benar sudah berproses, pihak Partai PPP sudah mengajukan surat ke DPRD untuk proses PAW tersebut,” papar Parmin Dasir.

Lanjutnya surat proses PAW almarhum H. Suaib Kasra bahkan sudah diajukan ke dua kalinya oleh Partai setelah surat pertama dijawab oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kolaka. “Bahkan sudah dua kali suratnya, pertama sudah dijawab, kemudian PPP menyurat lagi kedua kalinya perihal yang sama,” tutur Parmin.

Untuk kepastian kapan pergantian tersebut dilaksanakan, lanjut Parmin, tergantung dari hasil verifikasi KPUD, karena DPRD bukan sebagai eksekutor. “Kita ini hanya meneruskan surat dari Partai ke KPUD begitu juga sebaliknya, karena memang begitu prosesnya, KPUD lah yang memverifikasi nanti,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua KPUD Kolaka, Lukman juga membenarkan jika pihaknya sudah menerima surat pengajuan PAW dari Partai PPP lewat DPRD kolaka. “Memang benar sudah kita terima suratnya, sudah dua kali, dan pertama sudah kita jawab, sementara yang kedua ini baru saja tiba,” ungkap Lukman.

Dalam surat pertama kata Lukman, PPP sudah mengajukaan siapa bakal pengganti Almarhum H. Suaib Kasra untuk di verifikasi. Namun menurut Lukman, setelah dikaji usulan tersebut tidak sesuai dengan aturan yang ada. “Intinya tidak sesai dengan aturan yang ada, pasalnya yang diusulkan bukan peraih suara terbanyak kedua, jadi kita kembalikan lagi, sebab memang bukan begitu aturannya,” ungkap Lukman.

Lanjut Lukman, jika berkaca pada aturan yang ada seharusnya yang diusul adalah Hj. Idawati, peraih suara terbanyak setelah almarhum Suaib Kasra pada pilcaelg 2014 lalu. “Kalaua berdasar aturan ya harusnya ibu Idawati, bukan ibu Saenab seperti yang diusulkan PPP dalam surat pertamanya, makanya kita kembalikan,” ungkap Lukman.

Sementara Untuk Surat Kedua Lukman mengaku belum membacanya, namun dirinya berharap kalai ini saudah sesuai aturannya sehinga isa diverifikasi lebih lanjut. Untuk diketahui dalam pileg lalu, Almarhum H. Suaib Kasra menjadi peraih suara terbanyak di Daerah Pemilihan III Kolaka dengan suara 1.422 dan atas perolehan suara tersebut mengantarkan dirinya menjadi Wakil KEtua DPRD Kolaka. Sementara Idawati menjadi peraih suara terbanyak urutan kedua setelahnya. (cr4)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top