Kejari Buka Ruang Konsultasi Gratis Bagi Kepala Desa – KOLAKA POS

KOLAKA POS

SAFARI DESA

Kejari Buka Ruang Konsultasi Gratis Bagi Kepala Desa

Penyuluhan hukum dan sosialisasi pengadaan barang dan jasa, serta realisasi kegiatan bidang pembangunan desa, di aula sasana praja Pemda Kolaka, kemarin (19/7).FOTO : Hasrul/Kolaka Pos

Penyuluhan hukum dan sosialisasi pengadaan barang dan jasa, serta realisasi kegiatan bidang pembangunan desa, di aula sasana praja Pemda Kolaka, kemarin (19/7).FOTO : Hasrul/Kolaka Pos

KOLAKA POS, KOLAKA – Kejaksaan Negeri (Kejari) Kolaka akhirnya membuka ruang konsultasi bagi seluruh kepala desa dan aparat desa, terkait pengelolaan dana desa (DD) dan anggaran dana desa (ADD) tahun ini. Hal ini dilakukan agar pengelolaan dan pelaksanaan dana desa di Kabupaten Kolaka dapat berjalan dengan baik, tanpa adanya kesalahan baik yang terjadi pada saat tahap persiapan maupun pada saat pelaksanaannya.
Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Kejaksaan Negeri Kolaka, Jefferdian, saat memberikan sambutan penyuluhan hukum dan sosialisasi pengadaan barang dan jasa, serta realisasi kegiatan bidang pembangunan desa, di aula sasana praja Pemda Kolaka, kemarin (19/7).
Menurut Jefferdian, dengan besarnya jumlah anggaran yang dikucurkan oleh pemerintah melalui dana desa dan anggaran dana desa di setiap desa, maka perlu dilakukan pengawasan yang baik agar dana tersebut tepat sasaran, sehingga tidak menimbulkan masalah bagi aparat desa dalam mengelola anggaran tersebut.
“Salah satu penyebab banyaknya kesalahan yang terjadi dalam pengelolaan dana desa, yakni terjadinya kesalahan dalam sistim pelaporan. Apalagi terkadang dalam membuat sebuah laporan, hanya menggunakan pola copy paste yang pada akhirnya akan berdampak pada kesalahan yang dilakukan oleh Kepala Desa maupun aparat desa, yang terlibat dalam sistim pelaporan itu. Kami berharap kepada semua Kepala Desa, agar menghindari sistim pembuatan laporan yang diupahkan, yang bertujuan mencari kemudahan saat pembuatan laporan. Makanya, jika ada hal yang tidak dipahami maka sebaiknya melakukan konsultasi kepada pihak terkait seperti BPMD atau kepada Kejaksaan, jika hal tersebut berkaitan dengan hukum,” jelasnya.
Sementara itu, Wakil Bupati Kolaka, Muhammad Jayadin yang mewakili Bupati Kolaka, Ahmad Safei dalam sambutannya mengatakan, dana yang digelontorkan oleh pemerintah dengan jumlah yang baik harus dikelola dengan baik, sesuai dengan petunjuk tehnis dan petunjuk pelaksanaan maka akan membawa perubahan yang lebih baik ditingkat desa.
“Kelola dana desa dengan sebaik-baiknya. Jangan keluar dari apa yang sudah ada dalam petunjuk. Sebab, dalam petunjuk sudah sangat jelas apa yang harus dikerjakan karena sudah ada petunjuk yang mengaturnya,” kata Jayadin.
Dalam sosialisasi yang berlangsung sehari itu, menghadirkan narasumber antara lain Kasi Intelejen Kejari Kolaka, Karimuddin, Kasi Datun Kejari Kolaka, Eka Prasetya dan Kasi Pidana Khusus Abd Salam. Narasumber lainnya yakni Kepala BPKAD Pemuda Kolaka Nur Syamsul, Kadis Sosial Mustajab dan Asisten I Pemkab Kolaka, HM. Ismail. (cr3)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top