Hari Ini Laporan Tertulis Hasil Pilkada Muna Diserahkan ke MK – KOLAKA POS

KOLAKA POS

BERITA UTAMA

Hari Ini Laporan Tertulis Hasil Pilkada Muna Diserahkan ke MK

Net/Ilustrasi

Net/Ilustrasi

KOLAKA POS, RAHA – Mahkamah Konstitusi (MK) akhirnya resmi menggelar sidang laporan hasil PSU jilid II Muna, Selasa (19/7) pukul 14.30 WIB. Jadwal sidang terkait perselisihan hasil pemilihan bupati Muna 2015 lalu itu, lebih cepat dari jadwal yang telah ditentukan MK sebelumnya, yakni pada pukul 15.30 WIB.
Hal tersebut dikemukakan Komisioner KPUD Muna Sulemen Loga, via selulernya saat dikonfirmasi terkait hal tersebut.
”Sidang yang dipimpin Ketua MK Arief Hidayat, dipercepat satu jam dari jadwal semula. Sidang dimulai jam 14.30 WIB,” katanya.
Dalam sidang tersebut, KPU Muna melaporkan seluruh hasil Pilkada Muna sesuai arahan MK.
“Dalam sidang ini KPU Muna diminta MK melaporkan hasil Pilkada Muna secara keseluruhan. Pada sidang sebelumnya KPU Muna tidak pernah diminta membacakan hasil Pilkada Muna. Tapi karena Ketua MK yang minta dibacakan, akhirnya KPU Muna yang diwakili Andi Arwin, membacakan hasil pilkada Muna di 321 TPS se–Kabupaten Muna,” katanya.
Lanjut Ia mengatakan, dalam bacaan laporannya tersebut, perolehan suara Paslon nomor urut 1 LM. Rusman Emba-Malik Ditu meraih 47.587 suara. Paslon nomor urut 2 La Ode Arwaha Ady Saputra-La Ode Samuna memperoleh suara 5.381. Sedangkan paslon nomor urut 3 LM. Baharuddin-La Pili memperoleh suara 47.554. Maka Paslon nomor urut 1 yang berakronim Rumah Kita menang 33 suara dari paslon berakronim Dokter Pilihanku.
Ia juga menjelaskan, laporan KPU Muna yang disampaikan kepada MK itu masih bersifat lisan. ”Laporan hasil Pilkada Muna di 321 TPS yang kita sampaikan baru secara lisan. Karena sebelumnya kita tidak pernah diminta menyampaikan seperti ini. Makanya besok (hari ini) akan kami sampaikan laporan secara tertulis ke MK,” terangnya.
Komisioner KPU Muna itu juga mengatakan, bahwa sidang putusan MK terkait perselisihan hasil pemilihan bupati Muna tahun 2015, akan diselenggarakan minggu depan.
Sementara itu, salah seorang simpatisan akronim Rumah Kita Fajar Fariki usai menggelar nonton bersama secara Live melalui TV MK di posko kemenangan Rumah Kita, optimis jika Rusman Emba-Malik Ditu dapat memenangkan pertaruangan politik tersebut. “Optimis lah. Karena dalam pelaksanaan PSU jilid dua kemarin saya rasa sudah jelas siapa yang menang,” katanya. (m1)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top