Laonti Tak Pernah Dapat Jatah Prona – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Jazirah Sultra

Laonti Tak Pernah Dapat Jatah Prona

BPN: Harus Ada Permintaan dari Masyarakat

KOLAKA POS, ANDOOLO – Masyarakat Kecamatan Laonti, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), ternyata hingga saat ini belum pernah tersentuh program Proyek Operasi Nasional Agraria (Prona) yang dilaksanakan oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) Konsel. Pasalnya, pihak pemerintah Laonti tidak pernah mengajukan permohonan untuk Prona.
Kepala BPN Konsel Darmin menjelaskan, untuk memproses program sertifikat Prona ini, harus ada permintaan atau permohonan masyarakat melalui kepala desa (Kades) atau Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM).
“Jika permohonan tersebut tidak ada, tentu pihak BPN tidak bisa memproses sertifikat Prona. Untuk itu kecamatan Laonti tidak pernah mendapatkan sertifikat Prona,” jelasnya.
Bagaimana BPN mengetahui Laonti membutuhkan sertifikat katanya, sementara permohonannya saja tidak pernah ada. Kemudian, dikhawatirkan jika BPN menurunkan Prona di Laonti, nantinya bakal gagal.
“Salah satu keberhasilan kegiatan Prona ini, adalah tingkat partisipasi masyarakat. Jadi dibutuhkan kerja sama yang baik antara pemerintah setempat dan BPN,” ungkapnya.
Ia menambahkan, untuk tahun ini BPN Konsel menargetkan sebanyak 2.000 sertifikat bidang tanah, hingga Juli baru sebanyak 1.658 sertifikat Prona yang telah selesai. Itu sudah diserahkan langsung kepada masing-masing pemilik.
“Jadi sejak 2014 kita sudah dipantau langsung melalui sistem pengendali mutu, jadi setiap selesai pekerjaan itu langsung terbaca oleh pak Menteri. Untuk itu tahun ini Sulawesi tenggara, Konsel merupakan kabupaten yang tercepat menyelesaikan target,” tutupnya. (k5)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top