Dikmudora Perhatikan Sekolah di Pelosok Desa – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Metro Kolaka

Dikmudora Perhatikan Sekolah di Pelosok Desa

Net/Ilustrasi Siswa sedang belajar

Net/Ilustrasi

KOLAKA POS, KOLAKA – Perhatian Pemerintah Daerah (Pemda) Kolaka terhadap pendidikan cukup tinggi. Pasalnya, Pemda Kolaka tidak hanya memperhatikan kebutuhan sekolah di dalam kota, namun juga di pelosok desa, agar kualitas pendidikan semakin meningkat.

“Yah fokus kami bukan hanya sekolah di dalam kota saja di pelosok juga kami perhatikan,” ungkap Kepala Dinas Dikmudora Sal Amansyah kepada Kolaka Pos.

Menurutnya, sasaran utama yang dilakukan adalah terselenggaranya program wajib belajar 12 tahun bagi seluruh penduduk usia sekolah. Selain meningkatkan kualitas pendidikan, tapi juga kesejahteraan tenaga pendidik, kualitas sarana dan prasarana pendidikan yang mengacu kepada standar minimal pelayanan pendidikan.”Kami juga selalu melakukan pemantauan terhadap sekolah yang ada di pelosok sarana apa saja yang di butuhkan, ” kata Amansyah.

Lanjut ia mengatakan, meningkatkan kualitas pendidikan harus selalu melalui program sinergis, meningkatkan daya saing lulusan melalui pembenahan kurikulum dan metode mengajar serta pembinaan pelajar berprestasi, dan meningkatkan peran serta masyarakat dan dewan pendidikan serta komite sekolah dalam pengelolaan pendidikan. Pendidikan formal merupakan suatu proses yang berjenjang dari SD hingga perguruan tinggi. “Untuk menunjang keberhasilan pembangunan bidang pendidikan, pendidikan formal yang umumnya diselenggarakan di sekolah-sekolah. Melalui proses pendidikan diharapkan akan menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan mampu bersaing dalam berbagai aspek kegiatan, ” tambahnya.

Semakin banyak jumlah penduduk yang menamatkan sekolah tinggi, maka semakin baik pula ketersediaan kualitas SDM. Dari tahun ke tahun tingkat partisipasi masyarakat dalam bidang pendidikan semakin meningkat, hal ini bisa dilihat dari terus bertambahnya jumlah sekolah dan jumlah murid di seluruh sekolah negeri maupun swasta yang ada mulai tingkat SD hingga SMA sederajat, baik di pelosok desa maupun di wilayah perkotaan.”Walaupun kolak bisa di katakan sukses dalam pendidikan namuan dinas Dikmudora tidak pernah puas, kami selalu berupaya untuk peningkatan tenaga pendidik agar bisa menciptakan lulusan yang berkualitas, ” pungkasnya (hud)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top