5.166 Tenaga Kerja Terdaftar BPJS Ketenagakerjaan Kolaka – KOLAKA POS

KOLAKA POS

BERITA UTAMA

5.166 Tenaga Kerja Terdaftar BPJS Ketenagakerjaan Kolaka

 

ok bpjsKOLAKA POS, BAUBAU – Sejak beroperasi di Kolaka, peminat BPJS Ketenagakerjaan Kolaka semakin meningkat. Buktinya, sejak beroperasi Juli 2015 lalu, tercatat sebanyak 310 perusahaan yang ada mendaftarkan karyawannya secara resmi ke BPJS Ketenagakerjaan.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Muhammad Daniel mengatakan, dari ratusan perusahaan tersebut tercatat sebanyak 5.166 tenaga kerja tercatat sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan. Padahal pada 2015 lalu, tenaga kerja yang terdaftar hanya 2.850 orang. Sedangkan perusahaan yang mendaftar 2015 lalu hanya 110 unit. “Kepesertaan kami untuk perusahaan meningkat lebih 181 persen, dimana jumlah perusahaan aktif bulan Juni 2015 sekitar 110 persen dan pada 2016 bertambah menjadi 310 perusahaan. Begitupun dengan jumlah tenaga kerja juga setiap tahunnya mengalami peningkatan,” terangnya.

Ia mengungkapkan sejak Juli 2015 lalu hingga Juni 2016 BPJSK Kolaka juga telah membayarkan klaim sebanyak Rp1,24 Miliar. “Kami sudah membayarkan klaim sebanyak Rp1,24 Miliar, terdiri dari Jaminan Kecelakaan Kerja sebesar Rp 91 juta untuk satu keluarga ahli waris. Kedua Jaminan Hari Tua sebesar Rp 974 juta untuk 234 tenaga kerja. Jaminan Kematian sebanyak Rp 180 juta untuk delapan keluarga ahli waris, sedangkan untuk jaminan pensiun belum ada yang dibayarkan,” ujarnya pria yang bersaja ini.
Menurutnya, kepesertaan perusahan di Kolaka sangat berpotensi untuk didaftarkan dalam program BPJS Ketenagakerjaan. Selain itu juga untuk tenaga kerja mandiri seperti nelayan, petani, tukang ojek, bahkan pegawai honorer Pemda dan aparat desa pun bisa dimasukkan dalam program BPJS Ketenagakerjaan.

“BPJS Ketenagakerjaan memiliki empat program yakni Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Kematian, Jaminan hari Tua dan Jaminan Pensiun, jadi kami optimis kepesertaan di Kolaka akan diminati oleh pekerja. Apalagi program Jaminan Pensiun baru dilaksanakan sejak bulan Juli 2015 menjadi program primadona masyarakat pekerja,” ungkapnya.
Ia menambahkan, selama melakukan sosialisasi BPJSK sangat terbantu dengan adanya dukungan dari Pemerintah Daerah dan pengusaha di Kolaka. Sebab, dengan adanya dukungan tersebut, para karyawan sudah banyak didaftarkan menjadi peserta. “Kami bersyukur karena Pemerintah daerah dan para pengusaha mendukung program ini, sehingga mereka mendaftarkan karyawannya dalam BPJSK ini,” paparnya.
Daniel berharap ke depan Kolaka bisa menjadi Kabupaten percontohan dalam pelaksanaan program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan. Namun hal ini tentu dibutuhkan peran Pemerintah Daerah Kolaka utamanya dengan memasukkan seluruh aparat Desa dan tenaga honorer Pemda Kolaka..
“Harapan kami Pemerintah daerah baik dari kepala desa dan aparat desa dapat menjadi contoh bagi masyarakat tentang manfaat perlindungan program BPJS etenagakerjaan pada program Jaminan Kecelakaan kerja dan jaminan kematian, agar bisa menjadi Kabupaten percontohoan program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan,” tandasnya. (hrn)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top