Sidang Hasil PSU Jilid II Digelar Pekan Depan – KOLAKA POS

KOLAKA POS

BERITA UTAMA

Sidang Hasil PSU Jilid II Digelar Pekan Depan

KOLAKA POS, RAHA – Mahkamah Konstitusi (MK) akhirnya merilis jadwal sidang laporan hasil Pemilihan Suara Ulang (PSU) jilid II Muna, yang digelar di dua TPS yakni TPS 4 Wamponiki dan TPS 4 Raha 1, kecamatan Katobu pada 19 Juni lalu. Sidang tersebut nantinya bakal digelar pada 19 Juli pukul 15.30 WIB mendatang.
Seperti yang terlampir pada situs resmi MK, menyebutkan jadwal sidang bernomor perkara 120/PHP.BUP-XIV/2016. Pokok perkaranya yakni perselisihan hasil pemilihan bupati Muna tahun 2015, dengan pemohon LM. Rusman Emba, ST dan Ir. H. Abdul Malik Ditu, M.Si. Adapun acara sidangnya, yakni mendengarkan laporan PSU termohon, pihak terkait dan pemohon.
Koordinator Devisi Teknis Penyelenggara dan Humas KPU Muna, Andi Arwin, membenarkan penetapan jadwal yang dirilis MK tersebut. Menurutnya, pada sidang 19 Juli nantinya, KPUD Muna sebagai termohon bakal membacakan laporan hasil PSU jilid II sesuai dengan laporan yang mereka ajukan pada 29 Juni lalu.
“Jadi KPU sudah melaporkan, tinggal nanti apa yang sudah kita lakukan pada 29 Juni yang lalu itu (PSU Jilid II, red), tinggal kita bacakan laporannya pada sidang pembacaan nanti di MK,” ujar Andi Arwin pada Kolaka Pos di ruang kerjanya.
Lanjut Andi Arwin, sejauh ini KPUD Muna sudah siap atas sidang tersebut. Jadi, mereka rencanakan pada 17 Juli mendatang, anggota Komisioner KPUD Muna sudah bertolak dari Kabupaten Muna menuju Jakarta untuk mengikuti sidang tersebut. Ia juga mengatakan bahwa sidang MK pada 19 Juli nantinya itu bukanlah sidang putusan.
“Setelah sidang 19 Juli, nanti MK kembali menjadwalkan sidang. Entah sidang apa? Nanti tergantung MK,” tandasnya.
Untuk diketahui, PSU jilid II yang berlangsung pada Minggu (19/6) lalu, pasangan Rusman Emba-Malik Ditu (Rumah Kita) keluar sebagai pemenang. Hal tersebut dibuktikan dari pehitungan suara di dua TPS, Rumah Kita berhasil mendulang suara sebanyak 375 suara. Sedangkan pesaingnya dengan akronim Dokter Pilihanku, hanya mampu memperoleh 355 suara. Jadi akumulasi suara dari dua TPS tersebut, Paslon Rumah Kita unggul 20 suara dari rivalnya Dokter Pilihanku. Jika digabungkan dengan penghitungan Pilkada 9 Desember 2015, maka Rumah Kita unggul 33 suara.
Adapun perolehan suara di dua TPS itu, yakni TPS 4 kelurahan Raha 1 nomor urut 1 Rusman Emba-Malik Ditu memperoleh suara sebanyak 204 suara. Nomor urut 2 Arwaha Adi Saputra-La Ode Saemuna memperoleh 2 suara, dan nomor urut 3 dr. La Ode Baharuddin-La Pili memperoleh 207 suara. Enam suara dinyatakan batal.
Sedangkan di TPS 4 Kelurahan Wamponiki, nomor urut 1 Rusman Emba-Malik Ditu memperoleh suara sebanyak 171 suara. Nomor urut 2 Arwaha Adi Saputra-La Ode Saemuna tanpa suara, dan nomor urut 3 dr. La Ode Baharuddin-La Pili memperoleh 148 suara. Satu suara dinyatakan batal. (m1)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top