Cemburu, Istri Sewa Pembunuh Habisi Istri Kedua Suami – KOLAKA POS

KOLAKA POS

KOTA KENDARI

Cemburu, Istri Sewa Pembunuh Habisi Istri Kedua Suami

Ketiga tersangka pelaku pembunuhan berencana Mansyur (33), Ikbal (22) dan Rakuti (23) saat diamankan diruangan Subdit III Jatanras Polda Sultra, Jumat (15/7).FOTO : Asbar/KoP

Ketiga tersangka pelaku pembunuhan berencana Mansyur (33), Ikbal (22) dan Rakuti (23) saat diamankan diruangan Subdit III Jatanras Polda Sultra, Jumat (15/7).FOTO : Asbar/KoP

KOLAKA POS, KENDARI – Jajaran Polda Sultra berhasil mengungkap misteri pembunuhan Suniah, istri kedua Subarman yang terjadi pada Senin (05/8) 2013 lalu. Tiga pelaku pembunuhan yang berhasil diamankan yakni Mansyur (33), Ikbal (22) dan Rakuti (23).

Dari keterangan pelaku terungkap jika dalang pembunuhan tersebut adalah istri pertama Subarman, yakni Ramina warga Desa Watu-watu, Kecamatan Sabulakoa, Kabupaten Konawe Selatan, lantaran cemburu, melihat kemesraan antara suaminya dan istri keduanya.

Kejadian ini bermula pada Agustus 2013 lalu. Saat itu Mansyur yang tak lain adik dari Ramina mendengar ada permasalahan keluarga. Ketika itu, Mansyur berniat membantu untuk menyelesaikan masalah itu. Mengetahui hal tersebut Ramina meminta Mansyur untuk menghabisi istri kedua suaminya dengan mengimingi-imingi uang senilai Rp50 juta. Tergiur dengan tawaran tersebut, akhirnya Mansyur sepakat untuk melakukan pembunuhan tersebut dibantu kedua orang rekannya.

Pada malam kejadian, Senin (05/8/2013), sekitar pukul 23:00 Wita saat korban sedang tertidur lelap dikamarnya, Mansyur bersama Ikbal menyelinap masuk lewat pintu belakang di kediaman korban, Desa Ranooha, Kecamatan Ranomeeto, sedangkan Rakuti menunggu diluar untuk berjaga jaga.

Melihat Suniah, Ikbal langsung menikamnya sebanyak dua kali menggunakan badik, setelah itu Mansyur juga ikut menikamnya dengan sebilah parang.

“Saya tikam dua kali menggunakan badik, setelah itu disusul Mansyur menghujamkan sebilah parang ditubuh Suniah hingga akhirnya tewas,” ungkap Ikbal.
Sementara itu, Mansyur mengaku menerima tawaran yang diberikan sebesar Rp 50 juta. Namun yang diterima baru Rp 12 juta. “Kami ditawari Rp50 juta, tapi baru terima Rp12 juta, saya 6 juta, Ikbal dan Rakuti masing-masing 3 juta,” ungkap Mansyur dengan penuh penyesalan saat dimintai keterangan di ruangan Subdit III Jatanras Ditreskrimum Polda Sultra, Jum’at (15/7)
Sementara itu, Ramina mengaku terbakar cemburu kepada istri kedua sang suami. Padahal dari pernikahannya dengan Subarman ia telah dikaruniai dua orang anak. “Suami saya menikah tanpa sepengetahuannya. Ternyata istri keduanya itu sudah hamil,” kata Ramina kepada wartawan.
Ditempat terpisah, Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirreskrimum) Polda Sultra Kombes Pol Agus Sadono saat dikonfirmasi membenarkan terkait penangkapan tersebut.

“Kasus ini memang sudah lama sejak 2013 lalu, untuk melakukan penangkapan memang butuh waktu, ada yang cepat ada yang lambat dari informasi yang kita kembangkan. Ketiga tersangka ditambah otak dari pembunuhan tersebut (Ramina, red) telah kami amankan untuk dilakukan pemeriksaan. Mereka dijerat pasal 338 subsider pasal 340 dengan ancaman hukuman 20 tahun penjara,” tandasnya.
Untuk diketahui, dari pengembangan informasi ketiga tersangka bersama Ramina berhasil diringkus pada Kamis (14/7/2016). Rakuti diringkus pada pukul 07:00 Wita di Kecamatan Wonggeduku, Kabupaten Konawe. Setelah diinterogasi lebih mendalam, Mansyur yang rumahnya hanya berjarak tiga rumah dari kediaman Rakuti juga ikut ditangkap.

Ramina juga ikut digiring sekitar pukul 04:00 Wita pagi dari kediamannya di Desa Watu-watu, Kecamatan Sabulakoa setelah namanya dicatut oleh Mansyur pada saat interogasi. Sementara itu Ikbal ditangkap pada pagi hari pukul 07:00 Wita di Desa Wukudambu, Kecamatan Angata, Kabupaten Konawe Selatan. (k1)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top