Berkoalisi dengan Balon Walikota, Calon PPS Didepak – KOLAKA POS

KOLAKA POS

BERITA UTAMA

Berkoalisi dengan Balon Walikota, Calon PPS Didepak

Anggota KPU Kota Kendari, Abdul Wahid Daming.

Anggota KPU Kota Kendari, Abdul Wahid Daming.

KOLAKA POS, KENDARI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kendari nampaknya tak main-main dalam perekrutan Panitia Pemungutan Suara (PPS) kali ini. Buktinya, salah seorang calon PPS langsung didepak karena terbukti berkoalisi dengan salah satu bakal calon (Balon) Walikota saat mengikuti proses seleksi.
Hal itu disampaikan anggota KPU Kota Kendari Abdul Wahid Daming. Menurutnya, pemecatan tersebut berdasarkan tindak lanjut bukti berupa foto calon anggota PPS tersebut, yang menghadiri sosialisasi salah satu kandidat Balon Walikota Kendari.
“Jadi berdasarkan hasil degar pendapat terhadap masyarakat yang dilakukan oleh pihak kami, ada salah seorang masyarakat yang menunjukan foto terkait keterlibatan calon anggota PPS, sehingga dalam proses tes wawancara kami menanyakan hal tersebut kepada calon itu dan dia mengakui hal itu, sehingga kami memutuskan untuk menggugurkan dia,” sebutnya yang enggan menyebutkan nama orang yang digugurkan tersebut, Jumat (15/7).
Keputusan itu lanjutnya, berdasarkan peraturan KPU RI yang tidak memperbolehkan setiap anggota pelaksana pemungutan suara terlibat koalisi, dalam hal ini memberikan dukungan kepada calon kepala daerah serta partai politik.
“Sesuai peraturan KPU tahun 2015, bahwa setiap pelaksana pemungutan suara calon kepala daerah tidak diperbolehkan terlibat koalisi dengan calon kepala daerah. Sebab, dikhawatirkan ketika dia menjadi pelaksana pemungutan suara, terjadi keberpihakan terhadap pasangan calon yang dia dukung,” jelasnya.
Lebih lanjut ia mengungkapkan, saat ini proses seleksi PPS tinggal menunggu pengumuman hasil tes wawancara. “Jadi kemarin kita telah melakukan seleksi tes wawancara, Insya Allah pengumumannya tanggal 19 Juli, setelah itu kita langsung mengadakan pelantikan pada tanggal 20 Juli,” tegasnya. (k1)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top