TNI dan Polri Grebek Industri Penyulingan Arak Di Butur – KOLAKA POS

KOLAKA POS

BERITA UTAMA

TNI dan Polri Grebek Industri Penyulingan Arak Di Butur

 

 Bahan baku Arak yang tersimpan di dalam drum diamankan kabungan anggota TNI dan Polri.FOTO : Ahmad/Kolaka Pos

Bahan baku Arak yang tersimpan di dalam drum diamankan kabungan anggota TNI dan Polri.FOTO : Ahmad/Kolaka Pos

KOLAKA POS, RAHA – Bahan baku pembuatan minuman keras (miras) jenis Arak yang tersimpan didalam drum plastik ukuran 200 liter sebanyak delapan buah drum, berhasil diamankan oleh gabungan anggota TNI dari Koramil 1416-04/Kulisusu bekerjasama dengan anggota Polri dari Mapolsek Kulisusu Polres Muna saat mengelar razia miras di desa Elahaji Kecamatan Kulisusu Kabupaten Buton Utara (Butur) pada Selasa, (12/7) lalu.

Selain ribuan liter bahan baku arak tersebut, penggerebekan aparat gabungan itu juga mengamankan alat pembuatan miras tersebut yakni empat buah kompor hock, empat buah panci besar, lima buah alat penyulingan, satu buah terpal, tiga buah jerigen besar satu buah cangkul, serta satu buah parang. Namun sayang, aparat gabungan TNI, Porli saat itu tidak berhasil menemukan pemilik pengolahan minuman beralkohol tersebut. Akan tetapi sebelum meninggalkan tempat itu, yakni sebuah pondok yang digunakan sebagai lokasi pembuatan Arak tersebut, aparat gabuangan TNI Polri saat itu langsung memusnahkan lokasi tersebut dengan cara dibakar.

Dandim 1416/Muna Letkol ARH Hendra Gunawan mengatakan, penggerebekan tersebut digelar guna menekan angka kejahatan kriminalitas seperti tauran dan perkelahian antar pemuda yang kerap terjadi di tiga wilayah Toritorial Makodim 1416/Muna, yakni Kabupaten Muna, Muna Barat (Mubar), dan Buton Utara (Butur) yang kerap dilatar belakangi oleh pengaruh minuman beralkohol tersebut.

“Seluruh unsur-unsur kegiatan kejahatan banyak terjadi di tiga Kabupaten Wilayah Kodim 1416/Muna, baik Kabupaten Muna, Mubar maupun Butur itu semua kalau dilihat intisarinya karena alkohol,” ujar Letkol ARH Hendra Gunawan pada Kolaka Pos usai tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Watuputeh Kamis (14/7) dalam rangka peringatan perayaan HUT Muna Ke-57.

Lanjut pria tegap lulusan Akmil 1997 silam itu memerintahkan seluruh jajaran Koramil yang berada di tiga wilayah Makodim 1416/Muna untuk lebih aktif dan terus berkordinasi dengan pihak keamanan yakni Polri dan juga pemerintah daerah setempat guna memberantas produktifitas minuman beralkohol tersebut.

“Jadi penggerebekan di Kalisusu itu bukan hanya menangkap kepada orang-orang yang meminum. Tetapi langsung kepada sumber yang membuatnya,” tegasnya

Ia berharap, dengan diputusnya mata rantai jalur peredaran dan distribusi minuman beralkohol di seluruh kabupaten yang ada dibawah Toritorial kekuasaan Makodim 1416/Muna dan Polres Muna maka angka kejahatan dapat diminimalisir.

“Kita semua ingin generasi kita lebih maju, ingin generasi kita lebih cerdas. Maka, keberhasilan ini bukan semata-mata keberhasilan TNI. Tetapi keberhasilan kita semua yang pengen wilayah kita itu aman,” tandasnya (m1)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top