Tidak Ikut Tes, 24 Peserta Calon Anggota PPK Gugur – KOLAKA POS

KOLAKA POS

KOTA KENDARI

Tidak Ikut Tes, 24 Peserta Calon Anggota PPK Gugur

Suasana tes tertulis calon anggota PPK Kendari. : dok/Kolaka Pos

Suasana tes tertulis calon anggota PPK Kendari. : dok/Kolaka Pos

KOLAKA POS, KENDARI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kendari belum lama ini menggelar tes seleksi calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Dari 226 peserta yang terdaftar untuk mengikuti tes tertulis PPK sebanyak 24 diantaranya dinyatakan gugur.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Kendari Hayani Imbu mengatakan, keseluruhan pendaftar untuk PPK yang akan ditugaskan disetiap Kecamatan diseluruh kota Kendari itu, sebanyak 226 orang yang lolos seleksi berkas, namun sebanyak 24 orang dinyatakan gugur karena tidak mengikuti tes.

“Jadi tes tertulis untuk para pendaftar PPK dilakukan, total keseluruhan pendaftar sebanyak 226 orang yang lolos seleksi berkas. Namun yang mengikuki sebanyak 202 orang, 24 orang otomatis dinyatakan gugur karna tidak hadir untuk mengikuti tes,” ungkapnya beberapa waktu lalu.

Kata dia, para peserta yang mengikuti tes tertulis diberikan 103 pertanyaan, terdiri dari 100 nomor pilihan ganda dan tiga nomor esai teks. Dimana materi soalnya menyakut seputar proses pemilihan.

“103 soal, tiga nomor esai, 100 nomor pilhan ganda materi soal tetkait Peraturan KPU (PerKPU) tahun 2015 tentang tugas kewajiban PPK, rekapitulasi calon perseorangan, pemungutan suara, dan rekapitulasi hasil,” jelasnya.

Selanjutnya setelah melaksanakan tes tertulis KPU Kota Kendari akan mengumumkan hasil tesnya pada hari yang sama. Pada penguman hasil tes tetsebut akan di ambil sepuluh orang setiap kecamatan yang memiliki rengking tertinggi untuk maju dalam tes berikutnya yaitu wawancara.

“Seleksi tahun ini berbeda dengan lima tahun lalu,,kalau tahun lalu skor tes tertulis dengan wawancara diakumulasikan untuk menentukan yang lolos seleksi, namun tahun ini seleksinya dipisahkan, setelah mengikuti tes tertulis, insyaallah kita akan umumkan hari ini, diambil 10 orang perkecamatan yang memiliki rangking tertinggi, kemudian akan mengikuti tes wawancara yang akan melahirkan lima orang peserta lolos sebagai PPK di tiap kecamatan,” pungkasnya (k1)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top